Sukses

3 Tips Hemat Saat Berbelanja

Banyak situs memberikan kemudahan Anda berbelanja saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak situs memberikan kemudahan Anda berbelanja saat ini. Tidak hanya kemudahan mendapatkan produk, bahkan ada pula situs yang membandingkan harga sebuah barang di beberapa situs lainnya.

Anda mungkin bisa mendapatkan potongan harga dengan cara tersebut. Tapi sebenarnya ada lagi cara yang lebih mudah. Seperti ditulis Money, Rabu (27/1/2016), sebuah data dari situs penelusur harga sepanjang tahun, DealNews dan FatWallet, membuat tiga strategi mudah untuk mendapat harga murah ketika berbelanja:

1. Belilah saat permintaan sedang tinggi

Potongan harga paling menggiurkan datang ketika permintaan sedang tinggi. "Pada saat itu kualitas produk juga yang terbaik," kata ahli belanja FatWallet, Brent Shelton.

Produk yang masuk dalam kategori ini misalnya peralatan fitnes, masak, dan mainan. Jelang tahun baru biasanya harga-harga produk itu banting harga.

2. Tunggu sampai musimnya berakhir

Banyak produk yang tidak kena diskon pada saat mereka masih masuk musimnya. Tapi setelah itu potongan harganya bisa sangat besar.

Misalnya, baju dingin yang dijual Januari dan Februari sudah pasti lebih murah daripada ketika Desember. Sayangnya, produk yang tersedia setelah musim berakhir tidak banyak, cenderung yang tersisa di rak.

3. Pantau kalender teknologi

Peralatan elektronik punya musim sendiri. Samsung dan produk non-Apple biasanya membuat model baru di Oktober. Ketika itu harga produk lamanya akan turun 50 persen.

Nah, kalau Apple biasanya mengeluarkan produk baru di September dan produk lamanya akan turun harga. Meskipun perusahaan asal Amerika Serikat ini jarang memberikan diskon, tapi para peretail punya banyak cara melakukannya. (Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini