Sukses

Produk Turunan Sawit Dapat Jadikan RI Negara Maju

Pengembangan dan penelitian perlu digalakkan untuk menciptakan nilai tambah produk turunan kelapa sawit.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menginginkan kelapa sawit menjadi pendorong Indonesia menjadi negara maju, dengan menggalakkan ‎peningkatan nilai tambah produk sawit.

Bambang mengatakan, sebuah negara bisa menjadi negara maju karena hilirisasi, dan komoditas sawit menjadi salah satu andalan Indonesia, untuk meningkatkan nilai tambah produk sawit.

"Hilirisasi sawit adalah kebutuhan ekonomi kita, supaya Indonesia jadi negara maju," kata Bambang, dalam ajang pertemuan nasional sawit Indonesia 2016, di Kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Bambang menambahkan, ‎produk yang dihasilkan dari peningkatan nilai tambah sawit harus diperbanyak, jika ingin menjadikan sawit sebagai komoditas yang dapat mendorong Indonesia sebagai negara maju.
‎

"Basisnya harus ada nilai tambah olahan dan industri itu bisa dari sawit sebagai tumbuhan yang menghasilkan produk banyak," ujar Bambang.

Bambang menuturkan, pengembangan dan penelitian perlu digalakkan untuk menciptakan produk turunan kelapa sawit yang lebih beragam dan mampu bersaing di kancah internasional.

"Kalau punya R&D yang kuat,  kita bisa menciptakan lebih banyak lagi produk yang dihasilkan berbasis sawit," ujar Bambang. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini