Sukses

Ini Permen Cokelat Termahal di Dunia

Bahannya sederhana sekali, hanya biji kakao dan gula tebu. Lalu apa yang bikin permen cokelat ini mahal?

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda punya uang lebih mungkin sulit menolak yang satu ini. Apalagi bagi penggila coklat, maka tidak akan keberatan dengan harganya.

Beratnya hanya 1,5 ounce, tapi permen coklat dari To'ak merupakan yang termahal di dunia. Bahannya sederhana sekali, hanya biji kakao dan gula tebu.

Seperti ditulis Huffingtonpost, Jumat (29/1/2016), yang membuat permen ini mahal karena berasal dari biji coklat pohon kakao yang berumur 100 tahun dan merupakan spesies terakhir dari tanaman tersebut.



To'ak saat ini menanam biji kakao yang paling mahal dan langka di dunia. Versi terbaru coklat ini adalah 81 persen coklat hitam yang diolah dengan memakai biji kakao Ekuador.

Proses manufakturnya mirip dengan pembuatan bir dan minuman keras lainnya. Biji kakao difermentasi. Selama dua tahun yang panjang, produksi coklat ini hanya menghasilkan 574 batang coklat.

Ini bukan usaha yang sepele. Produksi dan fermentasinya butuh proses panjang. Semuanya dilakukan secara manual, tanpa mesin. Jadi, tidak heran kalau harga satu batang coklat ini sekitar US$ 260 atau setara Rp 3,575 juta. (Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini