Sukses

Pelindo II Mulai Uji Coba Operasi Terminal Petikemas Kalibaru

Terminal ini merupakan terminal peti kemas pertama dari lima terminal yang sedianya akan dibangun di Kalibaru, Tanjung Priok.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo II (Persero) melakukan uji coba pengoperasian Terminal Petikemas 1 Kalibaru.‎ Uji coba operasi ini merupakan tahap awal dari rangkaian beberapa tahapan yang akan dilakukan.

Corporate Secretary & GA PT Pelindo II Hambar Wiyadi menjelaskan, uji coba ini bertujuan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya pengoperasian secara komersial terminal peti kemas 1 yang rencananya berlangsung pertengahan tahun ini.

"Berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak, uji coba operasi terminal 1 Kalibaru telah terlaksana dengan baik," kata Hambar Wiyadi di Jakarta, Jumat (‎29/1/2016).

Dalam proses uji coba yang dberlangsung Rabu (27/1/2016) turut disaksikan otoritas pelabuhan utama tanjung priok, syahbandar utama pelabuhan tanjung priok, distrik navigasi kelas 1 Tanjung Priok beserta instansi pemerintah lainnya di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok guna mendapatkan masukan terkait hasil uji coba agar segera dapat dilakukan upaya penyempurnaan sebelum dioperasikan secara komersial.


Wiyadi menuturkan, terminal ini merupakan terminal peti kemas pertama dari lima terminal yang sedianya akan dibangun di Kalibaru, Tanjung Priok.

Keberadaan Terminal Petikemas 1 Kalibaru ini merupakan salah satu bentuk nyata pembangunan infrastruktur pelabuhan dalam mendukung program pemerintah pada sektor kemaritiman guna meningkatkan konektivitas antar pulau.

Pelaksaan uji coba ini menggunakan MV Selat Mas dengan GRT 14 ribu ton yang melakukan kegiatan bongkar muat sebanyak 50 boks.

Terminal Petikemas 1 kalibaru ini nantinya mampu melayani kapasitas 13 ribu TEUs hingga 15 ribu TEUs dengan bobot di atas 150 ribu DWT. Adapun panjang dermaga terminal ini mencapai 850 meter dengan luas lapangan penumpuk 32 hektare. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini