Sukses

Wall Street Menguat Dipicu Keputusan Bank Sentral Jepang

Pada satu titik pekan lalu, kerugian S & P di 2.016 mencapai 11 persen sebelum pulih untuk mengakhiri bulan turun 5 persen

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street ditutup melonjak lebih dari 2 persen pada hari Jumat waktu setempat setelah Bank of Japan tak diduga memotong suku bunga dan Microsoft memimpin rally besar dalam saham teknologi, memperbaiki beberapa kerugianJanuari terburuk S&P 500 sejak 2009.

dibanting oleh runtuhnya harga minyak yang memiliki keraguan makan tentang kesehatan ekonomi global, saham telah memiliki awal yang mudah menguap dari tahun ke tahun. Pada satu titik pekan lalu, kerugian S & P di 2.016 mencapai 11 persen sebelum pulih untuk mengakhiri bulan turun 5 persen.

Indeks naik 2,48 persen pada Jumat, hari terkuat sejak September.

"Sentimen tentu telah berayun ke skenario liar negatif. Dalam jangka pendek, saya tidak yakin latar belakang sentimen yang kita lihat itu benar," kata Michael Gereja, presiden Addison Capital Management di Philadelphia dilansir dari reuters, Sabtu (30/1/2016)..

"Apa yang terjadi jika tidak ada resesi? Apa yang terjadi jika China stabil dan The Fed tidak menaikkan suku agresif?"

Ekuitas global mendapat dorongan kejutan pada hari Jumat setelah bank sentral Jepang memotong suku bunga acuan di bawah nol untuk merangsang ekonomi.

Saham juga terangkat oleh data pertumbuhan produk domestik bruto AS yang lemah kuartal keempat, yang didukung argumen bahwa Federal Reserve mungkin pergi lebih lambat dari yang diharapkan pada kenaikan suku bunga di masa depan.

Indeks Dow Jones ditutup naik 2,47 persen di level 16.466,30 sementara S&P mendapatkan 46,88 poin atau 2,48 persen ke level 1.940,2

Kemudian Nasdaq Composite melonjak 2,38 persen ke level 4.613,95. Selama sepekan, Dow meraup 2,3 persen, S&P 1,7 persen dan Nasdaq naik 0,5 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.