Sukses

Akhir Pekan Harga Emas Naik 5,3%

Emas untuk pengiriman April naik sebesar 30 sen untuk menetap di US$ 1,116.40 per ounce

Liputan6.com, Jakarta Emas berjangka bergeral naik pada hari Jumat untuk menyelesaikan kenaikan bulanan terbaik mereka dalam satu tahun, ketika kerugian pada bulan Januari untuk pasar saham yang paling di seluruh dunia memikat investor untuk keamanan yang dirasakan dari logam mulia.

Tetapi prospek emas pasti setelah keputusan Bank of Jepang untuk mengadopsi suku bunga negatif, pengakuan dianggap kekhawatiran yang luas tentang perlambatan ekonomi global, memicu reli dalam dolar AS.

Emas untuk pengiriman April naik sebesar 30 sen untuk menetap di US$ 1,116.40 per ounce. Harga, berdasarkan kontrak teraktif, naik sekitar 5,3% untuk bulan Januari, mewakili kenaikan bulanan terbaik sejak Januari 2015, menurut data FactSet. Untuk minggu ini, emas naik 1,8%.

Dolar yang lebih kuat, yang diukur dengan ICE AS Dollar Index DXY, + 0,96% ditutup keuntungan untuk Jumat emas setelah Bank Sentral Jepang mengejutkan pasar dengan mengadopsi suku bunga negatif pada beberapa deposito untuk membendung deflasi ketakutan. Dolar dan emas cenderung bergerak dalam arah berlawanan karena uang kuat membuat aset yang dihargakan dalam dolar lebih mahal dalam mata uang lainnya.

Naeem Aslam, kepala analis pasar di AvaTrade, mengatakan pasar diperdagangkan di "wilayah yang belum dipetakan terhadap [BOJ] suku bunga negatif." Efek upaya stimulus BOJ telah di mengembalikan selera investor untuk aset berisiko akan menjadi kunci untuk outlook pada emas, katanya seperti dilansir dari Marketwatch, Sabtu 930/1/2016).

Meski begitu, Ken Ford, presiden di Warwick Valley Financial Advisor, mengatakan langkah BOJ menyoroti gejolak dalam ekonomi global dan dapat membuat hampir tidak mungkin bagi Federal Reserve, yang menaikkan suku bunga pada bulan Desember, untuk terus menormalkan kebijakan moneter di AS anugerah, uang merupakan anugerah untuk emas dan logam lainnya, yang tidak membaawa yield.

"Pedagang menyadari apa yang ada di masa depan untuk emas dan bahwa Fed mungkin telah mengacaukan (dengan menaikkan suku seperempat poin bulan lalu)," kata Ford.

Untuk logam lainnya di Comex, Perak untuk pengiriman bulan Maret, naik sebesar 1 sen atau 0,1% dan berakhir di harga US$ 14.243 per ounce. Dalam satu minggu, harga ini mengalami kenaikan sebesar 1,3% dan 3,5% dalam satu bulan.

Sementara itu untuk harga tembaga untuk bulan Maret mengalami kenaikan sebesar 1,6 sen atau 0,8% menjadi US$ 2.067 per pound. Kenaikan ini adalah sebesar 3,2% untuk satu minggu. Tapi mengalami sebesar 3,3% dalam satu bulan.

Untuk pengiriman platinum pada bulan April, terjadi peningkatan harga sebesar US$ 6.40 atau 0,7% menjadi US$ 874,30 per ounce. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 5,1% dalam satu minggu tapi turun 2% dalam satu bulan. Sementara itu untuk Palladium di bulan Maret meningkat sebesar US$ 6,50 atau 1,3% menjadi US$ 498,50 per ounce. Tapi Palladium mengalami penurunan harga sebanyak 0,3% dalam satu minggu dan 11,6% dalam satu bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.