Sukses

Inikah Sosok yang Bakal Gantikan Budi Gunadi Jadi Dirut Mandiri?

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyiapkan 8 nama sebagai kandidat pengganti Budi Gunadi Sadikin.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah selaku pemegang saham pengendali dari PT Bank Mandiri Tbk tengah sibuk menyaring nama-nama untuk dicalonkan sebagai kandidat direktur utama bank dengan aset terbesar di Indonesia tersebut. Penyaringan nama calon-calon tersebut untuk menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin yang masa jabatannya akan berakhir pada Maret 2016 nanti.

Dari informasi yang diterima Liputan6.com, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyiapkan 8 nama sebagai kandidat pengganti Budi yang berasal dari dalam Bank Mandiri maupun dari luar.

Kandidat dari luar antara lain Direktur Utama PT Bank Bank Tabungan Negara Tbk Maryono dan Dirut PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Asmawi Syam. Sementara dari internal, ada tiga nama yang beredar, yakni Pahala N. Mansyuri dan Kartiko Wirjoatmodjo.

Ketika dikonfirmasi mengenai kebenaran nama-nama tersebut kepada salah satu komisaris Bank Mandiri, Askolani, ia mengaku belum mengetahuinya. Posisi orang nomor satu di bank terbesar di Indonesia itu akan ditentukan pada rapat umum pemegang saham (RUPS) yang rencananya bakal digelar Maret 2016.

"Saya belum tahu mengenai hal itu (nama yang beredar). Itu (namanya) akan diputuskan pada RUPS Maret nanti," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, ‎Senin (1/2/2016).

Dijelaskan Askolani yang saat ini juga menjabat Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, belum ada proses seleksi calon Dirut Bank Mandiri, baik dari pihak internal maupun eksternal. "Belum ada seleksi, ini masih dalam proses awal. Nanti tunggu pada saatnya nanti," ucap Askolani.

Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Adapun keputusan akhir ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memilih siapa sosok yang layak menjadi Dirut Bank Mandiri menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin yang sudah menjabat sejak 2013.

"Nanti yang menyampaikan Menteri BUMN untuk ditetapkan di RUPS. Dan Presiden pasti memilih yang terbaik," ucap Askolani. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.