Sukses

Indonesia Jadi Negara Paling Baik untuk Pensiun di Asia

Dari seluruh Negara Asia, Indonesia merupakan Negara paling baik untuk pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - Survei yang digelar DBS-Manulife mengungkap sebuah fakta yang cukup menarik. Dari seluruh Negara Asia, Indonesia merupakan negara paling baik untuk pensiun.

Para calon pensiun di Indonesia dapat menikmati waktu lebih santai. Apabila dibandingkan dengan pegawai pra-pensiun di Singapura, di mana mereka harus bekerja lebih keras untuk menyiapkan kebutuhan dana pensiun.

Studi bertajuk Retirement Wellness Study, mendasarkan penilaian dalam beberapa faktor seperti proteksi kesehatan, kemampuan mengumpulkan kekayaan, serta kemampuan untuk mendapat hidup yang makmur setelah pensiun.

Faktor-faktor tersebut dinilai dari skor 0 hingga 100 dan melibatkan lebih dari 6.000 responden berumur 40-60 tahun di berbagai negara di Asia.

Mengutip CNBC, Selasa (2/2/2016), Indonesia memiliki skor paling tinggi dengan 72 poin.Diikuti Cina dan Taiwan yang berbeda 3 poin di level 65. Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa orang Indonesia dan China sangat optimis terhadap kondisi kesehatan yang mereka miliki hingga usia pensiun nanti.

Negara yang memiliki skor tidak terlalu tinggi antara lain adalah Hong Kong (39 poin), Singapura (46 poin), Taiwan (47 poin). Nilai ini menunjukkan bahwa pekerja di negara tersebut belum benar-benar siap menghadapi pensiun.

“Orang di Singapura memiliki ekspektasi sangat tinggi untuk pensiun. Mereka akhirnya pensiun di usia yang sangat terlambat,” ungkap Richard Vargo, Kepala Regional Bancassurance dari DBS Bank.

Biaya hidup yang tinggi di Singapura, Hong Kong dan Taiwan membuat para pekerja kurang yakin mampu membiayai hidupnya setelah pensiun. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

Video Terkini