Sukses

5 Tips Hemat Pengeluaran Makan di Restoran

Anda tetap bisa merasakan masakan di restoran, ingin tahu trik hematnya?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada salahnya sekali-kali makan di restoran. Meski identik dengan harga mahal, namun tidak ada salahnya Anda mencoba makan di sana.

Kalau bisa mengaturnya dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan masakan yang enak, namun dengan harga yang miring.

Enaknya lagi, hal ini bisa dilakukan kapan saja Anda mau. Bahkan, meski saat ini sedang berhemat, Anda tetap bisa merasakan masakan di restoran. Namun, ada syaratnya lho! Mau tahu apa saja? Yuk simak tips di bawah ini seperti dikutip dari www.cermati.com, seperti ditulis Sabtu (20/2/2016):

1. Makan Hidangan Pembuka Gratis

Nah, namanya gratis berarti tidak perlu keluar uang. Ini merupakan salah satu tips yang sepatutnya Anda coba. Tidak usah malu, saat ini sudah banyak restoran yang menawarkan hidangan pembuka gratis. Tak lain tak bukan, bagi pihak restoran, ini merupakan salah satu strategi bisnis mereka.

Sayangnya, masih sedikit konsumen yang memanfaatkannya. Makanan pembuka, biasanya memang tidak akan ditawarkan sebelum Anda memesan. Apabila ingin mencobanya, lebih baik bila Anda memesan dalam jumlah sedikit terlebih dahulu.

Modal makanan pembuka gratis seperti ini bisa berimbas pada makanan utama nanti. Anda tidak lagi perlu memesan makanan utama dalam jumlah banyak.

2. Minum Air Putih Saja

Memang air putih tidak seenak jus, lemon tea, dan es teh manis. Namun, apa mau dikata. Harga minuman di restoran hampir sama harganya dengan makanannya. Ini yang terkadang membuat Anda serasa ingin membawa bekal minum sendiri.

Sayangnya, keinginan itu tidak bisa direalisasikan. Kebanyakan restoran memang melarang pengunjungnya membawa bekal dari rumah.

Oleh sebab itu, apabila ingin makan di restoran, namun dengan biaya yang super ngirit, maka lebih baik putuskan untuk memesan air putih. Kalaupun tidak ada akibat pihak restoran menggantinya dengan air mineral botolan, pesan saja teh tawar hangat yang biasanya selalu menjadi produk paling murah di restoran.

3. Manfaatkan Promo Khusus

Jangan gengsi untuk memanfaatkan promo. Karena sekarang ada banyak restoran yang menawarkan diskon. Namun, diskon seperti itu selalu memiliki batasan hari tertentu dalam seminggu atau bahkan jam tertentu dalam sehari.

Sebelum Anda menyambangi restoran yang menawarkan promo, lebih baik bila Anda mempelajarinya secara seksama.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak malu ketika sudah datang ke sana, namun ternyata promo yang diinginkan sudah tidak berlaku. Apabila ingin makan di restoran mewah langganan Anda, maka ada baiknya Anda memeriksa diskon spesial harian atau mingguan yang ditawarkan.

Jangan lupa, jangan cuma dilihat saja. Silahkan Anda catat. Apalagi bila anda menemui tawaran-tawaran menarik, catat semua promonya sehingga Anda bisa memanfaatkan semua promo itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Tips Hemat Pengeluaran Makan di Restoran

4. Jadikan Makanan Pembuka sebagai Hidangan Utama

Ini yang tak kalah penting. Kebanyakan orang tidak mengetahui fakta menarik ini. Kebanyakan restoran terkadang memberikan hidangan pembuka lebih banyak dari hidangan utama.

Apabila sudah mengetahui hal ini, maka jangan sungkan memesan dan menjadikan hidangan pembuka itu sebagai makanan utama. Jadi, buat apa makan hidangan utama kalau perut sudah kenyang duluan dari makanan pembuka. Sayang kan?

5. Jangan Pesan Makanan Penutup

Biasanya, restoran selalu menawar hidangan penutup. Tapi masalahnya bukan enak atau tidaknya, tapi harganya yang kadang sama mahalnya dengan makanan utama. Bagi yang sudah pernah makan di restoran, maka Anda sudah tahu harga hidangan penutup lumayan mahal.

Sangat sayang kalau kita sampai menghabiskan uang hanya demi menyantap makanan penutup. Kalau perut sudah kenyang dari hidangan pembuka atau penutup, tidak perlu lagi memesan makanan penutup.

Makan di restoran Tapi Tetap Murah? Bisa kok!

Tidak perlu lagi ragu bagi Anda yang sering ragu untuk makan di restoran. Memang, harga makanannya terkadang mahal bahkan terkadang tidak masuk akal. Tetapi, dengan beberapa trik, hal menyenangkan itu bisa dilakukan tanpa harus membuang uang sampai ratusan ribu rupiah dalam sekali makan.

Satu lagi, jangan malu untuk memanfaatkan semua promo yang diberikan dari restoran. Seperti yang sudah disebutkan di atas, promo diberikan untuk strategi promosi restoran. Jadi, yuk makan hemat di restoran! (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.