Sukses

5 Langkah Agar Rencana Keuangan Berhasil

Berikut lima hal yang tidak pernah telat untuk dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mungkin sadar perubahan kecil dalam pengelolaan uang bisa membawa perubahan besar pada kesehatan finansial.

Namun, tidak sedikit pula yang bingung langkah apa yang harus dilakukan untuk mengawali sebuah perubahan.

Untuk membantu Anda meraih masa depan finansial yang cerah, berikut ini lima hal yang tidak pernah telat untuk dilakukan seperti dikutip dari www.cekaja.com, :

1. Ubah prioritas belanja

Sebagai bangsa timur yang menomorsatukan keluarga, orang Indonesia lebih senang membelanjakan uang untuk bersenang-senang dengan keluarga. Contohnya seperti berlibur bersama keluarga atau sekadar makan bersama di restoran. Tapi, banyak yang kesulitan mengalokasikan uang untuk membiayainya.

Padahal, solusinya sangat sederhana. Ubah prioritas belanja dengan mengecilkan pengeluaran di satu sisi dan mengalokasikannya untuk sisi lain contohnya liburan keluarga.

Kurangi alokasi belanja yang masih mungkin diperkecil seperti belanja sepatu, pakaian atau aksesoris. Agar Anda tetap patuh pada anggaran, buatlah daftar rencana liburan bersama keluarga dan pasang di tempat yang mudah terlihat.

(Baca juga: Patut Ditiru, Ini Dia Kebiasaan Finansial Masyarakat Tionghoa yang Bisa Datangkan Kekayaan)

2. Bayar utang kartu kredit

Bagi mereka yang tertib membayar tagihan kartu kreditnya, utang kartu kredit mungkin bukan persoalan besar. Tapi, bagi mereka yang kurang bijak menggunakan kartu kredit, utang yang semula kecil bisa menumpuk, berbunga tinggi dan akhirnya menjerat.

Anda yang mengalami kondisi ini bisa manfaatkan layanan transfer balance untuk mengurangi bunga kartu kredit. Dengan bunga utang yang makin berkurang, kesempatan untuk melunasi cicilan kartu kredit makin besar.

3. Lakukan investasi

Salah satu syarat menjadi kaya adalah memulai investasi sedini mungkin. Ada berbagai jenis investasi yang bisa kita miliki mulai dari deposito, reksa dana, saham atau properti. Bagi yang baru memulai, deposito dan reksa dana adalah pilihan yang tepat.

Jangan tunggu dana terkumpul untuk memulai investasi. Sebab, beberapa produk reksa dana dan deposito menawarkan nominal investasi awal dengan jumlah yang sangat terjangkau.

4. Buat tabungan pensiun

Tabungan pensiun adalah salah satu perencanaan keuangan yang sangat penting. Semua orang tentu ingin masa pensiunnya dihabiskan tanpa terbebani masalah uang.

Untuk itu, lakukanlah perencanaan pensiun sejak sekarang. tetapkan standar hidup seperti apa yang ingin Anda jalankan saat pensiun. Perkirakan berapa biaya yang Anda butuhkan untuk menjalankan standar hidup tersebut. Lalu, pilih tabungan pensiun yang bisa mendukung rencana tersebut.

(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Orang yang Bahagia Bisa Cepat Kaya)

5. Daftar asuransi kesehatan

Asuransi adalah produk yang dibuat untuk melindungi pemiliknya dari berbagai macam risiko. Asuransi kesehatan, misalnya, dibuat untuk melindungi pemiliknya dari berbagai risiko kesehatan yang mengancam kehidupan manusia.

Asuransi juga termasuk bagian dari perencanaan keuangan. Dengan memiliki asuransi, orang bsia terhindar dari berbagai macam biaya yang mencekik leher. (Ahm/Zul)








* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.