Sukses

BI Rate Turun Bakal Dongkrak IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan dibayangi keputusan Rapat Dewan Gubernur BI.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Pergerakan  indeks saham dipengaruhi oleh penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia/BI Rate.

Analis PT Investa Saran Mandiri Kiswoyo A. Joe mengatakan, penurunan suku bunga acuan mempercepat IHSG untuk kembali menempuh level 5.000.

"BI rate kayaknya tetap, tapi kalau turun surprise," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Sebenarnya, kata Kiswoyo saat ini masih sepi sentimen. Data-data perekonomian yang telah rilis menunjukan hal yang positif dan telah direspons pasar.

Dia mengatakan, saat ini pelaku pasar masih menunggu penyelesaian laporan keuangan tahun 2015."Kebetulan memang semua bagus nggak ada yang jelek. Memang laporan tahunan dulu baru laporan kuartal I 2016," ujar dia.

Pergerakan IHSG diperkirakan pada level support 4.700 dan resistance bakal bergerak pada level 4.850.

Senada, dalam riset PT Sinarmas Sekuritas memprediksi IHSG menguat hari ini. Gerak IHSG berada pada level support 4.710 dan resistance 4.817.

Analis PT Reliance Securities, Lanjar Nafi menuturkan IHSG ditutup naik 20,50 poin atau 0,43 persen ke level 4.765,51. Spekulasi ekonom dan investor mengenai pemangkasan kembali suku bunga menjadi salah satu faktor penguatan IHSG di saat mayoritas bursa saham Asia melemah.

Ia pun memprediksi, IHSG masih terbuka peluang penguatan. IHSG akan berada di level 4.685-4.800 pada Kamis pekan ini.

Kiswoyo merekomendasikan saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) untuk dicermati pelaku pasar.

Dalam riset PT Sinarmas Sekuritas memilih saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.