Sukses

5 Tanda Anda Sudah Jago Atur Uang

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat berdampak pada kondisi keuangan yang harus diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Mengoptimalkan jumlah uang yang didapat bukanlah hal mudah. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya.

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat berdampak pada kondisi keuangan yang harus diperhatikan.

Hal ini dapat dilakukan dengan memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu daripada kebutuhan lain yang bersifat sementara dalam jangka pendek. Berikut jurus jitu atur uang melansir Business Insider, Sabtu (20/2/2016):

Bisa membayar tagihan tiap bulan

Faktanya, masyarakat ternyata sulit untuk membayar tagihan di waktu tepat. Untuk menanggulangi hal ini, Anda dapat mendahulukan membayar hutang yang memiliki bunga yang tinggi.

Hal ini disebabkan karena bunga yang tinggi tersebut akan menjadi beban yang besar setiap bulannya.

Tidak terjebak tagihan

Besarnya tagihan yang perlu dibayar tiap bulan membuat banyak orang sering menunda melakukan pembayaran. Namun mampu melunasi seluruh tagihan dan mampu memiliki uang lebih di tabungan merupakan sebuah sinyal yang baik.

Selalu punya rencana masa depan

Seseorang yang memiliki rencana masa depan memiliki kesempatan untuk sukses dibanding orang yang hidup tanpa rencana.

Dengan memiliki rencana masa depan, kita telah membangun sebuah pijakan yang kokoh sebagai arah hidup dan jembatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bisa hidup tanpa kartu kredit

 

Kebiasaan berbelanja sebenarnya bisa diatasi dengan kartu debit. Anda tidak perlu berhutang karena menggunakan uang di rekening sendiri untuk membayar kebutuhan. Mereka yang mampu menahan godaan untuk memakai kartu kredit berarti mampu mengatur keuangannya dengan baik.

Bisa membayar pengeluaran tak terduga

Perencanaan keuangan tidak selalu berjalan mulus sesuai rencana. Terkadang Anda harus siap dengan kondisi tertentu yang mengharuskan untuk mengeluarkan uang yang dimiliki.

Mereka yang mampu mengantisipasi hal ini dan siap menanggung setiap kebutuhan mendadak adalah tanda ia juga mampu mengurus keuangannya dengan baik. (Vna/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.