Sukses

Daftar 50 Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia

Fortune Magazine mengeluarkan daftar mengenai perusahaan paling dikagumi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya Fortune Magazine mengeluarkan daftar mengenai perusahaan paling dikagumi di dunia.

Bersama dengan biro penelitian Hay Group, mereka mewawancarai jajaran eksekutif dari 668 perusahaan di dunia di 29 negara. Lebih dari empat ribu eksekutif, direktur dan analis telah berkontribusi pada survei yang mereka lakukan.

Tahun ini, perusahaan teknologi dunia berhasil bertengger di posisi atas dalam daftar yang dirilis Fortune. Perusahaan apa sajakah yang mampu menjadi juara?. Berikut daftar lengkapnya seperti dilansir dari Fortune.com, Senin (22/2/2016):

50. Charles Schwab (SCHW)

The Charles Schwab Corporation adalah perusahaan broker dan perbankan asal Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada 1971 oleh Charles R. "Chuck" Schwab.

49. Publix Super Markets

Didirikan pada 1930 oleh George W. Jenkins, Publix merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang ritel supermarket. Perusahaan ini mampu bertengger di rangking 81 di daftar 100 perusahaan terbaik versi Fortune

48. AT&T (T)

AT&T merupakan perusahaan skala internasional yang bergerak dalam bidang telekomunikasi. Perusahaan ini bermarkas di San Antonio, Texas, Amerika Serikat dan didirikan tahun 1983.

47. Visa (V)

 

The Visa International Service Association atau biasanya dipanggil VISA adalah perusahaan kartu kredit yang didirikan tahun 1958. Perusahaan ini merupakan perusahaan kartu kredit terbesar di dunia.

46. John Deere (DE)

Perusahaan asal Amerika Serikat ini bergerak di bidang produksi alat berat khususnya peralatan untuk keperluan pembajakan sawah, peternakan, perkebunan, pertanian, dan agrikultural.

45. Caterpillar (CAT)

Perusahaan multinasional produsen konstruksi dan peralatan pertanian ini bermarkas di Peoria, Illinois, Amerika Serikat (AS). Perusahaan ini didirikan pada 1925. Hingga saat ini CAT mampu beroperasi di lebih dari 157 negara

44. PepsiCo (PEP)

PepsiCo adalah perusahaan yang bergerak di Industri makanan ringan, makanan, dan minuman. PepsiCo memiliki beberapa merek dunia yang paling populer, termasuk Pepsi-Cola, Mountain Dew, Diet Pepsi, Lay, Doritos, Tropicana, Gatorade, dan Quaker.

43. Intel (INTC)

Perusahaan multinasional yang didirikan pada 1968 ini berpusat di Amerika Serikat. Intel terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor yang mengkhususkan produksinya dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chip set papan induk, komponen, dan alat lainnya.

42. Walmart (WMT)

Didirikan oleh Sam Walton pada 1962, Wal-Mart mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Saham New York pada 1972.

41. Unilever (UL)

Unilever adalah perusahaan multinasional yang memproduksi barang konsumen yang bermarkas di Rotterdam, Belanda. Perusahaan ini didirikan pada 1930.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

40. St. Jude Medical (STJ)

Berkantor pusat di St. Paul, Minn, USA, St Jude Medical adalah perusahaan teknologi medis yang memfokuskan diri pada beberapa bidang pengobatan seperti penyakit kronis, penyakit vaskular dan gagal jantung.

39. Target (TGT)

Target Corporation adalah sebuah perusahaan ritel asal Amerika serikat yang didirikan pada 1902. Target berhasil menjadi perusahaan ritel terbesar kedua kedua di Amerika Serikat setelah Walmart.

38. Nestle (NSGRY)

Didirikan pada 1868 oleh Hendry Nestlé, perusahaan ini menghasilkan produk makanan dan minuman seperti makanan bayi, susu, kopi, cokelat, dan lain-lain.

37. ExxonMobil (XOM)

Bersama dengan Shell, BP dan Total, Exxon Mobil merupakan empat perusahaan minyak terbesar di dunia. Bermarkas di Texas, perusahaan ini dibentuk pada 30 November 1999.

36. Accenture (ACN)

Accenture merupakan perusahaan global yang bergerak di bidang konsultan manajemen, servis teknologi, dan outsourcing.

35. Samsung Electronics

Samsung Electronics adalah pemimpin pangsa pasar di dunia untuk lebih dari 60 produk perangkat elektronik seperti semikonduktor, penampil digital hingga perangkat komputer.

34. salesforce.com (CRM)

salesforce.com merupakan suatu layanan peranti lunak Customer Relationship Manager (CRM) berbasis cloud yang bersifat disewakan. RM sendiri merupakan suatu sistem informasi perusahaan yang diterapkan untuk manajemen hubungan pelanggan di suatu perusahaan.

Dengan CRM, perusahaan berorientasi pada pemenuhan kepuasan pelanggan terhadap produk dari perusahaan tersebut.

33. UPS (UPS)

United Parcel Service Inc atau sering disebut UPS adalah perusahaan internasional dalam bidang transportasi yang bermarkas di Sandy Springs, Georgia, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan 1907.

32. IBM (IBM)

Perusahaan yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer ini didirikan pada 16 Juni 1911. IBM beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat.

31. Home Depot (HD)

pada tahun 2013, Fortune Magazine mencatat Home Depot berhasil mendapatkan keuntungan dari meningkatnya kondisi pasar perumahan di Amerika Serikat, yang mendorong pada laju permintaan alat-alat rumah tangga.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

30. Delta Air Lines (DAL)

Penghubung utama sekaligus pusat Delta Air Lines terletak di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, yang merupakan bandara tersibuk di dunia. Selain itu, Delta Airlines juga mempunyai bandara penghubung lainnya, di antaranya adalah Bandara Internasional Cincinnati/Northern Kentucky, Bandara Internasional John F. Kennedy dan Bandara Internasional Salt Lake City.

29. Marriott International (MAR)

Marriott International, Inc, adalah sebuah perusahaan global terkemuka dengan lebih dari 4.200 properti di 79 negara. Didirikan oleh J. Willard dan Alice Marriott, perusahaan ini bermarkas di Bethesda, Maryland, USA.

28. Toyota Motor (TM)

Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial, dan juga membuat robot. TMC merupakan anggota dari Grup Toyota dan memproduksi mobil dengan merek Toyota Lexus dan Scion, memiliki sebagian besar saham dari Daihatsu dan Hino,dan memiliki sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu.

27. CVS Health (CVS)

CVS Caremark adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di industri farmasi. Saat ini, markas pusat CVS Caremark terletak di Woonsocket, Amerika Serikat, dan dipimpin oleh CEO Larry J. Merlo.

26. BlackRock (BLK)

BlackRock adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di sektor finansial. Fokus utama BlackRock adalah industri jasa investasi.

25. Wells Fargo (WFC)

Bank Wells Fargo merupakan bank terbesar keempat di Amerika Serikat. Bank ini didirikan pada 1852. Bermarkas di New York City, New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini mempekerjakan 276.000 pekerja pada  2009.

24. Whole Foods Market (WFM)

Whole Foods Market Inc adalah perusahaan ritel supermarket Amerika yang mengkhususkan diri dalam makanan organik. Perusahaan ini dibuka pada 20 September 1980.

23. Goldman Sachs Group (GS)

The Goldman Sachs Group, Inc merupakan sebuah bank di Amerika Serikat. Pendiri bank ini ialah Marcus Goldman. Bank ini didirikan pada 1869. Bermarkas di New York City, New York, Amerika Serikat.

22. Boeing (BA)

Boeing didirikan oleh William Edward Boeing. Ia awalnya berprofesi sebagai pebisnis dan penebang kayu yang sukses. Bersama rekannya George Conrad Westervelt pada 1916, dia mendirikan perusahaan pabrik pesawat terbang yang saat itu bernama Pacific Aero Products.

21. Procter & Gamble (PG)

Procter & Gamble Co. (P&G, NYSE: PG) merupakan perusahaan internasional yang memproduksi barang konsumen cepat (FMGC). Kantor pusat P&G terletak di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

20. JP Morgan Chase (JPM)

JPMorgan Chase & Co. adalah sebuah firma sekuritas, perbankan investasi dan perbankan eceran global Amerika Serikat. Firma ini merupakan penyedia jasa keuangan besar dan merupakan institusi perbankan AS yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar kedua di negara tersebut.

19. Netflix (NFLX)

Berpusat di Los Gatos, California, saat ini Netflix memiliki koleksi DVD sebanyak 65.000 judul dengan pelanggan mencapai 5 juta orang.

18. BMW (BAMXY)

Perusahaan otomotif Jerman yang memproduksi mobil dan sepeda motor ini didirikan pada 1916 oleh Franz Josef Popp. BMW dikenal sebagai salah satu perusahaan mobil mewah dengan performa tinggi, dan juga salah satu perusahaan mobil pertama yang menggunakan teknologi canggih.

17. Microsoft (MSFT)

Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Perusahaan ini mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975.

16. Johnson & Johnson (JNJ)

Johnson & Johnson menempati peringkat pertama di Survei Nasional Reputasi Perusahaan versi Harris Interactive selama tujuh tahun berturut-turut hingga 2005.

Selain itu perusahaan ini juga menduduki peringkat sebagai perusahaan yang paling dihormati di dunia versi Majalah Barron pada 2008, dan perusahaan pertama yang dianugerahi Benjamin Franklin Award untuk Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri AS pada 2005

15. Coca-Cola (KO)

The Coca-Cola Company adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat dalam bidang minuman, termasuk pabrikan, pengecer dan pemasar konsentrat minuman non alkohol dan sirup, yang bermarkas di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

14. Facebook (FB)

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Harvard University, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, dan lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

13. Nordstrom (JWN)

Nordstrom adalah salah satu perusahaan department store terbesar di Amerika Serikat. Nordstrom identik dengan pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan dalam setiap layanannya.

12. Costco (COST)

Perusahaan ini didirikan 1983 dan mempekerjakan 126.000 pekerja. Hingga saat ini Costco mampu beroperasi di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Puerto Riko, Inggris, Jepang, dan Taiwan.

11. American Express (AXP)

American Express merupakan perusahaan multinasional di bidang jasa keuangan, berpusat di New York City. Perusahaan ini yang terbaik dikenal untuk kartu kredit, kartu ongkos, dan bisnis cek wisata.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

10. General Electric (GE)

Tahun 2011, GE menempati posisi ke-26 sebagai perusahaan dengan pendapatan kotor terbesar di Amerika Serikat menurut daftar Fortune 500. Perusahaan ini juga berada di posisi ke-14 sebagai perusahaan paling manguntungkan.

9. Nike (NKE)

 

Nike didirikan pada 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma.

Etos perusahaan Nike adalah melibatkan dedikasi yang kuat untuk olahraga dan kebugaran. Staf di kantor pusat perusahaannya pun diharapkan menghabiskan beberapa jam setiap hari di gym.

8. FedEx (FDX)

FedEx adalah perusahaan internasional yang memproduksi barang dan jasa di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan 1971 oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

7. Southwest Airlines (LUV)

Southwest Airlines Co. merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah di Amerika Serikat yang berbasis di Dallas, Texas, dengan kota fokus terbesarnya di Bandar Udara Internasional McCarran Las Vegas. Menurut Biro Statistik Transportasi Departemen Transportasi AS. Southwest Airlines merupakan salah satu maskapai paling menguntungkan di dunia dan pada Januari 2008.

6. Starbucks (SBUX)

Starbucks Corporation adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia,dengan 20.336 kedai di 61 negara, termasuk 13.123 di Amerika Serikat.

5. Walt Disney (DIS)

The Walt Disney Company atau lebih dikenal dengan nama Disney adalah perusahaan yang bergerak di bidang hiburan dan media terbesar di dunia. Pada 16 Oktober 1923, perusahaan ini didirikan oleh Walt Disney dan Roy Oliver Disney dengan nama Disney Brothers Cartoon Studio.

4. Berkshire Hathaway (BRKA)

Berkshire Hathaway adalah perusahaan konglomerasi (holding company) yang bermarkas di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Berkshire Hathaway memiliki banyak perusahaan subsidiari. Bisnis inti dari Berkshire Hathaway adalah asuransi, termasuk properti dan asuransi jiwa

3. Amazon.com (AMZN)

Amazon.com, Inc adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah situs e-commerce terbesar di dunia.

2. Alphabet (GOOGL)

Alphabet Inc. atau yang lebih dikenal sebagai Alphabet adalah perusahaan holding dan konglomerasi bentukan Google. Pada 10 Agustus 2015, Google Inc. mengumumkan rencana pembentukan perusahaan holding terbuka baru, Alphabet Inc. CEO Google, Larry Page, menyampaikan beritanya lewat blog resmi Google.

1. Apple (AAPL)

Apple Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California. Apple bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. (Vna/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini