Sukses

Menteri Susi Sebut Angkatan Laut RI Diakui Dunia

Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti menuturkan, pemberantasan pencurian ikan berkontribusi pada ekonomi nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastu‎ti mengatakan, kendati jumlah Angkatan Laut (AL) Indonesia relatif sedikit, tapi kinerjanya diakui di tingkat global.

Susi menuturkan, dalam sebuah data yang ditemukannya, AL Indonesia justru ditakuti di dunia. Bukan tanpa alasan, kendati jumlahnya sedikit, tapi mampu mengamankan Indonesia yang wilayah lautnya terbesar ke dua di dunia.

"Saya mengerti AL dengan segala keterbatasan mengamankan laut luas yang disadari mungkin beberapa negara mengejek kita. Tapi sebetulnya ada sebuah dokumen yang menunjukkan dalam diskusi pakar ahli akademi United State itu salah satu AL yang ditakuti dunia adalah Indonesia‎," kata Susi di Jakarta, Senin (22/2/2016).

Susi juga mengatakan, dengan jumlah sedikit bahkan AL Indonesia bisa mengusir banyak sekali pencuri ikan di Indonesia.

"Saya bilang cari dunia mana, AL mana bisa mengusir 10 ribu, admiral dari lautan Indonesia kurang 1 tahun kecuali TNI AL dan KKP," kata Susi.

Dia menambahkan, pemberantasan pencurian ikan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. Bahkan, pertumbuhan ekonomi dari sektor perikanan menyumbang lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional.

"‎Pertumbuhan ekonomi di perikanan Indonesia 8,96 persen menimbulkan pertumbuhan GDP negatif Thailand minus 3,1 persen, suplai perikanan China minus 4,5 persen; belum Filipina belum lainnya," ujar Susi. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.