Sukses

Pangkas Rantai Distribusi Ayam, KPPU Minta Bantuan Gojek

Dengan memanfaatkan aplikasi yang dimiliki Gojek, diharapkan bisa memangkas rantai distribusi dan meminimalisir permainan harga ayam.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berencana memanggil CEO Gojek Nadiem Makarim dalam waktu dekat. Pemanggilan tersebut bertujuan untuk mencari solusi terkait fluktuasi harga ayam.

Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, pihaknya berharap bantuan manajemen Gojek terkait aplikasi yang dimiliki layanan jasa antar online ini. Dengan memanfaatkan aplikasi yang dimiliki Gojek, diharapkan bisa memangkas rantai distribusi dan meminimalisir permainan harga ayam di pasar.

"Makanya saya besok mau panggil Nadiem Makarim di KPPU. Kita mau aplikasi Gobox punya Gojek, aplikasi online. Misal restoran di Bandung dia butuh ayam‎, sudahlah langsung aja ke peternak nanti Gobox yang antar. Itu potong rantai distribusi," ujarnya, Jakarta, Senin (22/2/2016).


Dia berharap, dari pertemuan tersebut akan ada titik temu untuk mengatur rantai distribusi ayam. Penyesuaian teknologi dikatakan bisa untuk mengatur distribusi ayam. "Kita pikirkan perlu terobosan teknologi untuk memotong distribusi panjang ini," dia menegaskan.

KPPU juga memutuskan untuk memperkarakan dugaan kartel ayam. Sebanyak 12 perusahaan akan menjalani sidang yang bakal dilaksanakan pada awal Maret 2016 dan diperkirakan bakal memakan waktu sekitar 6 bulan.

Syarkawi Rauf mengatakan, 12 perusahaan tersebut diduga melakukan kartel. Lantaran, 12 perusahaan dicurigai mengatur pasokan ayam sehingga membuat harga ayam tinggi.

"KPPU sudah tetapkan 12 perusahaan ayam diduga melakukan kartel. Kartelnya terkait afkir dini parent stock yang dilakukan oleh 12 perusahaan itu untuk mengatur pasokan DOC. Waktu itu harga semakin tinggi. Kesepakatan untuk afkir dini kan sebenarnya sudah kartel di dalam UU persaingan," ungkap dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.