Sukses

Blue Bird Kantongi Pinjaman Rp 1,6 Triliun

Bank Mandiri dan PT Blue Bird Tbk telah menandatangani fasilitas kredit Rp 1,6 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Blue Bird Tbk (BIRD) mendapatkan pinjaman sebesar Rp 1,6 triliun dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Selasa (23/2/2016), Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Purnomo Prawiro menuturkan, perseroan akan menggunakan pinjaman itu untuk pembelian dan refinancing kendaraan baru.

Perseroan akan menambah atau meremajakan armada transportasi taksi, bus dan rental berikut perlengkapan armadanya. "Selain itu juga untuk pembiayaan pembangunan, refinancing aset ke kantor, pool berikut sarana pendukungnya," kata Purnomo.

Ia mengatakan, pinjaman tersebut akan menunjang kegiatan operasional perseroan dan anak-anak perusahaan Perseroan. Dengan itu dapat menunjang kelangsungan kelangsungan usaha perseroan dan anak usaha.

"Perolehan pinjaman tidak melanggar peraturan dan perjanjian dengan pihak ketiga. Selain itu juga tidak berdampak negatif terhadap kondisi keuangan," kata dia.

Sebelumnya Blue Bird akan terus berekspansi dengan membuka peluang di daerah baru pada 2016. Perseroan akan membuka pasar di Sumatra dan Jawa.

Pihaknya akan menyasar ke daerah di atas populasi penduduk cukup besar di kisaran 800 ribu. PT Blue Bird Tbk pun akan menyiapkan belanja modal Rp 2 triliun pada 2016. Dana belanja modal itu akan berasal dari internal dan pinjaman. Perseroan menggunakan belanja modal untuk pengembangan usaha seperti menambah armada dan tanah.

"Dana belanja modal sekitar 30 persen dari internal dan sisanya pinjaman. Kami akan menarik pinjaman sekitar Rp 1,5 triliun dari bank lokal," tutur Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.