Sukses

Pelindo III Kenalkan Dunia Maritim ke Generasi Muda

Pelindo III Goes to Campus secara perdana dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggandeng perguruan tinggi untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda. Diharapkan para generasi muda nantinya bisa turut membantu program tol laut yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto mengatakan, BUMN kepelabuhanan tersebut memilih perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi melalui kegiatan bertajuk Pelindo III Goes to Campus.

"Pelindo III Goes to Campus merupakan tindak lanjut dari program Pelindo III Youth Camp yang juga melibatkan mahasiswa," kata Toto, di Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Toto mengungkapkan, program tersebut merupakan upaya Pelindo III dalam memberikan informasi seputar kepelabuhanan dan dunia maritim kepada para penerus bangsa. Pelabuhan memiliki peranan besar dalam perekonomian nasional mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan.

"Indonesia sebagai negara maritim, tapi tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang kepelabuhanan,” tutur Toto.

Pelindo III Goes to Campus secara perdana dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. ITS dipilih mengingat perguruan tinggi tersebut memiliki jurusan yang berkaitan dengan dunia kemaritiman.

Pelindo III sendiri menyatakan jika program Pelindo III Goes to Campus akan dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi yang ada di wilayah kerja Pelindo III.

“Selanjutnya akan kami adakan di Universitas Udayana, Universitas Diponegoro, Universitas Palangkaraya, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya,” tambahnya.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan menambahkan pelaksanaan Pelindo III Goes to Campus juga dilatarbelakangi oleh program tol laut yang digagas oleh pemerintahan Jokowi-JK.

Pelindo III sebagai BUMN kepelabuhanan memiliki peranan dalam menyukseskan program tersebut. Serangkaian program pengembangan pelabuhan di wilayah Pelindo III masuk dalam masterplan program tol laut tersebut.

“Kami juga menginformasikan mengenai tananan kepelabuhanan dan tantangan dunia maritim kedepan. Seperti konsep pelabuhan ramah lingkungan dan teknologi peralatan kepelabuhanan,” terangnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.