Sukses

Masuk Musim Hujan, Harga Bawang Tembus Rp 40 Ribu per Kg

Harga cabai merah keriting mencapai Rp 42 ribu per kilogram (kg) dan cabai rawit merah Rp 40 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat tampaknya harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli bahan-bahan pangan di musim penghujan ini. Pasalnya, beberapa harga pangan di pasar tradisional melonjak naik karena tersendatnya pasokan. 

Siti Fathonah (46) salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan mengatakan, bahan pangan yang mengalami kenaikan cukup tinggi adalah cabai dan bawang merah.

Ia merincikan, harga cabai merah keriting mencapai Rp 42 ribu per kilogram (kg) dan cabai rawit merah Rp 40 ribu per kg. 

Kenaikan tertinggi terjadi pada bawang merah yang saat ini dibandrol di harga Rp 40 ribu kg. Harga tersebut di atas harga standar yang ada di kisaran Rp 25 ribu per kg.

Penyebab kenaikan harga karena datangnya musim penghujan yang membuat bawang yangs sedang di tanam rusak atau pengiriman menjadi terlambat.

‎"Bawang merah biasanya Rp 25 ribu per kg, pertengahan Februari Rp 28 ribu per kg, sekarang naik lagi," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Ia melanjutkan, di Pasar Induk Kramat Jati,  Jakarta, bawang merah dihargai Rp 34 ribu per kg. Dengan mahalnya harga bawang, kini konsumen mengurangi ‎jumlah belanjaannya. "Akhirnya yang beli mengurangi kaya tukang sate, biasanya beli satu kilo, sekarang jadi setengahnya," ungkapnya.

Sementara itu, dia menuturkan harga komoditas lain relatif stabil. ‎Harga kentang sebesar Rp 12 ribu per kg, tomat Rp 12 ribu per kg, wortel Rp 12 ribu per kg.


Berikut rincian harga, pantauan Liputan6.com:

Cabai merah keriting Rp 42 ribu per kg
Cabai ‎merah rawit Tp 40 ribu per jg
Bawang merah Rp 40 ribu per kg
‎Kentang Rp 12 ribu per kg
Tomat Rp 12 ribu per kg
Wortel Rp 12 ribu per kg
Kol Rp 10 ribu per kg
Sawi Rp 10 ribu per kg.

(Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.