Sukses

Kementerian PUPR Minta Pemda Prioritaskan Program Perumahan

Pemerintah pusat terus mendorong terlaksananya program sejuta rumah setiap tahunnya.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR mengajak Pemda untuk memprioritaskan pembangunan perumahan untuk masyarakat dan PNS sebagai program utama dalam membangun daerah.

Adanya anggaran yang memadai serta kemudahan perijinan untuk perumahan akan semakin mendorong peningkatan pembangunan rumah di daerah.

"Masih banyak Pemda yang belum menjadikan program perumahan sebagai program utama dalam pembangunan didaerahnya masing-masing. Padahal kebutuhan rumah di daerah untuk masyarakat jumlahnya masih cukup besar," ujar Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan, Eko Heripoerwanto dalam keterangannya, Senin (29/2/2016).

Menurut Heri, pemerintah pusat terus mendorong terlaksananya program sejuta rumah setiap tahunnya. Namun, jika Pemda tidak serius dalam program ini maka pengadaan rumah bagi masyarakat maupun PNS akan menemui kendala di lapangan.

Heri menambahkan untuk memantau program-program tersebut, pihaknya menjadikan indikator anggaran perumahan dalam APBD setiap tahunnya. Selain itu, adanya nomenklatur organisasi yang khusus menangani perumahan ini, juga menjadi tolak ukur apakah suatu daerah serius atau tidak dalam penyediaan perumahan.

Guna mempermudah koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, imbuh Heri, Ditjen Penyediaan Perumahan telah membentuk Satker Non Vertikal Tertentu (SNVT) di daerah yang khusus mengurusi serta mengawasi program perumahan di daerah.

"Silakan Pemda bisa menghubungi SNVT Penyediaan Perumahan yang ada di provinsi. Kami berharap Pemda bisa lebih mudah dalam berkoordinasi mengenai program perumahan dengan adanya SNVT yang sudah kami bentuk di daerah,” tegas dia. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.