Sukses

Mau Hoki? Hindari Investasi di Bidang Ini

Bagi Anda yang bingung mau investasi apa di tahun ini, Ahli Feng Shui Mauro Rahardjo memberikan analisanya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap investasi mempunyai keuntungan dan risiko yang harus diperhatikan si investor. Dalam berinvestasi kerap juga dikenal istilah hoki atau tidak hoki yang berhubungan dengan shio, tanggal lahir, jam lahir, dan sebagainya mengacu pada ilmu topografi kuno dari China, Feng Shui.

Bagi Anda yang bingung mau investasi apa di tahun ini, Ahli Feng Shui Mauro Rahardjo memberikan analisanya.   

Menurut dia, ada dua sifat investasi, yakni bersifat stabil dan fluktuatif. Khusus di tahun ini, jenis kegiatan penanaman modal yang bisa merugikan, adalah yang memiliki unsur metal dan api.

"Metal di sini adalah kegiatan yang memotong kayu, dan unsur api yang membakar kayu. Secara logika, investasi di bidang kayu atau berkaitan dengan tanaman akan kurang menguntungkan di 2016," jelas dia di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Investasi yang perlu dihindari, Mauro mencontohkan, di sektor atau bidang usaha pertanian, perkebunan, tekstil, obat-obatan, furnitur atau mebel, dan kegiatan usaha lain yang berkaitan dengan penebangan kayu.

Sementara untuk investasi yang stabil dan menguntungkan, dia menyebutkan harus mengandung unsur tanah dan logam. Seperti deposito, reksadana dan saham, investasi emas, serta properti.

"Tapi memang tergantung juga si investornya. Kalau dia memang lagi hoki, bisnis kayu yang dijalani bisa berhasil. Jadi misalnya ada 70 persen pengusaha kayu yang kurang berhasil, maka 30 persen pasti beruntung. Jadi tidak semua jatuh, investor yang tidak kuat ya bisa jatuh," tutur Mauro. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.