Sukses

Bappenas Dorong Peningkatan Ekspor Non Migas

Pemerintah akan menggunakan tiga pendekatan untuk mendorong ekspor non migas.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan ‎Nasional/Bappenas akan mendorong ekspor non migas tumbuh 10,4 persen  pada 2017. Padahal belakangan ini ekspor non migas Indonesia menurun.

Direktur Perdagangan, Investasi dan Kerjasama Ekonomi Internasional Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti ‎mengatakan peningkatan ekspor non migas menjadi prioritas utama ‎Bappenas dalam Rencana Kerja Anggaran Pemerintah (RKAP) 2017.

Tahun lalu ekspor non migas Indonesia mengalami minus 9,8 persen. Ekspor non migas Indonesia ditargetkan tumbuh 5 persen pada 2016 dan meningkat 10,4 persen pada 2017.

"Target artinya kita akan coba dulu, kelihatannya ekonomi dunia membaik, kenapa karena target pertumbuhan ekonomi global IMF dan Word Bank lebih tinggi dibanding 2016 begitu juga volume perdagangan dunia lebih baik dari 2017," kata Amalia, di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Amalia menuturkan, pemerintah akan menggunakan tiga pendekatan yaitu holistik, tematik dan intregratif untuk mendorong ekspor non migas. Pendekatan holistik adalah melibatkan seluruh instansi pemerintah untuk meningkatkan ekspor non migas.

"Pendekatan holistik sasaran bukan tugas satu dua kementerian tapi berbagai kementerian, ada kontribusi Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator perekonomian, perhubungan jadi banyak," tutur Amalia.

Amalia melanjutkan pendekatan lain adalah memberdayakan peran Pemerintah Daerah untuk mendorong komoditas non migas di wilayahnya agar bisa dijadikan andalan ekspor. Hal itu dengan menentukan standar dan kualitas komoditas.

"Daerah berkontribusi peningkatan non migas, karena yang punya komoditas daerah. Jadi artinya pemerintah Pusat dan daerah harus sama-sama punya target sama," ungkap Amalia.

Pemerintah juga akan membentuk badan promosi yang memasarkan produk non migas Indonesia ke pasar internasional. Lembaga tersebut juga jadi sumber informasi komoditas yang sedang dibutuhkan pasar.
‎

"Badan promosi sedang didiskusikan, sedang dimatangkan dulu konsepnya kelihatannya salah satu opsi untuk mendorong. Dengan adanya badan promosi jadi lebih efektif," tutur Amalia. (Pew/Ahm)

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.