Sukses

4 Perbedaan Pria dan Wanita Saat Mengelola Uang

Perempuan mengeluarkan uang lebih banyak daripada pria. Pengeluaran itu terutama untuk kebutuhan rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan mengeluarkan uang lebih banyak daripada pria. Pengeluaran itu terutama untuk kebutuhan rumah tangga.

Di Amerika Serikat, dua per tiga konsumennya adalah perempuan. Namun, angka itu tidak berbanding lurus dengan gaji yang mereka dapatkan. Masih terdapat kesenjangan gaji antara pria dan wanita di sana.

Dari pendapatan itu ternyata keduanya memiliki cara yang berbeda dalam mengelola uang. Seperti ditulis Market Watch, Rabu (9/3/2016), berikut empat perbedaannya:

1. Wanita lebih baik dalam mengelola utang pribadi

Meskipun pendapatannya lebih sedikit, tapi wanita lebih baik dalam mengelolautangnya. Hal ini terbukti dari data kredit surveiExperian pada 2015.

Para pria ternyata punya utang lebih banyak, terutama untuk kartu kredit, kredit mobil dan perumahan, daripada wanita.



2. Pria menyimpan dana darurat lebih banyak

Menurut survei BMO Harris Bank pada Januari 2015, terdapat 69 persen dari tiga ribu warga AS yang menyimpan dana darurat sebesar kebutuhan kurang dari setahun. Idealnya, dana darurat harus mencukupi kebutuhan selama tiga hingga enam bulan.

Para pria menyimpan uang lebih besar 58 persen nilainya daripada wanita. Bagi yang tidak punya dana darurat biasanya mereka memakai dana pensiun atau mengambil utang dengan bunga tinggi.

3. Wanita punya strategi lebih baik, namun dengan kepercayaan diri yang kurang

Kaum hawa punya strategi investasi yang lebih baik ketimbang kaum adam. Mereka mengubah alokasi dana dan memonitor akunnya tidak sesering para pria.

Hal ini membuat imbal hasil investasi lebih besar ketimbang sering menggonta-ganti investasi. Namun, wanita tidak percaya diri dalam melakukannya karena merasa pengetahuan keuangannya kurang.

4. Pria menyimpan uang lebih banyak untuk pensiun

Wanita kurang berpartisipasi untuk urusan pensiun. Selain itu, karena gaji pria yang lebih besar maka mereka bisa mengalokasikan dana pensiun lebih besar ketimbang perempuan.

Hasilnya, para wanita cenderung mendapat uang pensiun yang lebih kecil ketimbang laki-laki. (Elsa/Ndw)

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.