Sukses

IHSG Berpeluang Melemah, Cermati 8 Saham Pilihan

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan didominasi sentimen global menjelang akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan pelemahan pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Pergerakan IHSG tersebut tergantung dari bursa saham global dan harga minyak dunia.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan IHSG berpotensi melanjutkan pelemahan mengingat gagal bertahan di level support. Hal itu membuat potensi pelemahan IHSG ke 4.750.

Akan tetapi, Satrio menilai kondisi dapat berbeda apa bila bursa saham global dan harga minyak kembali menguat.

Selain itu, Satrio juga memperkirakan, aksi jual investor asing juga akan terbatas menjelang akhir pekan ini. "IHSG akan bergerak di kisaran 4.750-4.825," ujar Satrio saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (11/3/2016).

Sementara itu, Analis PT HD Capital Tbk Yuganur Widjanarko melihat proses koreksi minor di IHSH akibat tekanan jual para pelaku pasar yang terkena imbas volatilitas pergerakan pasar regional dan rupiah sudah cukup selesai.

Investor akan kembali melakukan aksi beli sehingga dapat mengangkat IHSG kembali ke jalur hijau menuju 4.870-4.925. "IHSG akan bergerak di level support 4.770-4.650-4.590 dan resistance 4.870-4.925-5.000-5.100," ujar dia.

Rekomendasi Saham

Yuganur memilih sejumlah saham untuk dicermati pelaku pasar pada Jumat pekan ini. Saham-saham itu antara lain PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Sedangkan Satrio memilih saham PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT PP Tbk (PTPP).

Rekomendasi Teknikal

Yuganur memilih saham PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) untuk dicermati pelaku pasar. Secara teknikal, ada perbaikan dalam jangka pendek dan menengah sehingga dapat digunakan sebagai akumulasi untuk melanjutkan kenaikan jangka pendek dan menengah berikutnya ke Rp 1.670-Rp 1.710.

Ia merekomendasikan masuk saham PT Summarecon Agung Tbk di level pertama Rp 1.585, level kedua Rp 1.525, dan cut loss point Rp 1.475. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.