Sukses

Mau Bebas Utang? Lakukan 5 Hal Ini

Anda pun harus menyusun strategi agar mampu keluar dari jerat tagihan atau utang.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada orang yang ingin menghabiskan sisa hidupnya terlilit hutang. Agar mampu menangani hal ini, maka Anda pun harus menyusun strategi agar mampu keluar dari jeratan tagihan. Apa saja yang dapat dilakukan?

Melansir Business Insider, Sabtu (12/3/2016) berikut ulasan trik keluar dari jeratan utang:

1. Buat daftar tagihan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat daftar mengenai utang yang dimiliki. Daftar utang harus diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil. Jangan lupa mencantumkan suku bunga yang berlaku untuk tiap tiap hutang.

2. Prioritaskan pembayaran

Apabila Anda bingung untuk membayar tagihan yang menumpuk, cobalah bayar dari yang paling kecil terlebih dahulu. Lunasi sehingga tidak menjadi beban lanjutan bagi kita.

Sementara bayar minimal buat utang yang lebih besar. Jika utang kecil dapat diselesaikan lanjutkan ke utang yang lebih besar. Kita juga dapat menyelesaikan utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu, baru yang berbunga rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Tahu pengeluaran

Anda harus tau dengan betul berapa banyak uang yang Anda keluarkan setiap bulannya. Hal ini akan membantu menakar seberapa banyak uang yang harus Anda sisihkan untuk membayar tagihan.

4. Potong pengeluaran

Potonglah pengeluaran yang tidak perlu. Kebutuhan yang tidak mendasar sebaiknya dapat Anda hapus dari daftar pengeluaran.

5. Bawa uang tunai

Membawa uang tunai merupakan cara terbaik bagi Anda yang ingin berhemat dan membayar tagihan. Pengeluaran Anda pun dapat lebih mudah terkontrol. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.