Sukses

8 Cara Kelola Waktu yang Hanya Dikuasai Orang Sukses

Menjadi orang sukses, tidak harus selalu dengan bekerja keras, melainkan juga kerja dengan pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Anda bekerja untuk menghidupi diri Anda dan keluarga Anda maupun memuaskan atasan Anda. Menjadi orang sukses, tidak harus selalu dengan bekerja keras, melainkan juga kerja dengan pintar.

Ketika melakukan pekerjaan, Anda harus bisa memilih pekerjan yang terpenting untuk dijadikan prioritas. Dengan begitu, Anda bisa mengelola waktu Anda dengan baik dan menggunakan sisa waktu anda untuk hal lain di luar pekerjaan Anda.

Dilansir dari Lifehacks, Senin (14/3/2016) berikut ulasan mengenai teknik pengelolaan waktu yang dikuasai orang sukses:

1. Jangan hanya terlihat sibuk

Ketika manajer suatu perusahaan sedang melakukan pengawasan, mendadak semua orang berpura-pura sibuk dengan teleponnya, sibuk melakukan meeting, atau melakukan sesuatu.

Kegiatan tersebut menunjukkan produktivitas yang tidak berarti. Hal tersebut tidak akan menaikkan jabatan anda.

2. Bekerja dengan cerdas

Hindari gaya monoton dan carilah perspektif baru dalam menyelesaikan suatu tugas. Kelola waktu dengan baik dan manfaatkan handphone Anda untuk mencatat waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

3. Memiliki prioritas

Hal ini menyelesaikan pekerjaan Anda yang paling penting. Dengan mengerjakan prioritas, Anda akan puas dengan kesuksesan pada hari tersebut. Jangan biarkan hal-hal detail menurunkan produktifitas Anda. Fokus pada penyelesaian pekerjaan terbesar, lalu cek kembali hasilnya.

4. Ubah pekerjaan Anda jadi menyenangkan

Seperti sebuah permainan, ketika satu pekerjaan selesai beri penghargaan pada diri Anda sendiri. Penghargaan tersebut dapat berbentuk apa saja yang Anda inginkan, selama hal tersebut dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Anda akan lebih menghargai diri sendiri atas apa yang Anda telah lakukan, dan membuat anda lebih termotivasi agar lebih fokus.

5. Kerjakan tugas berkelompok

Ketika Anda melakukan beberapa pekerjaan yang berbeda-beda, Anda harus menggunakan beberapa bagian dalam otak Anda. Bila Anda melakukan tugas tersebut dengan grup, Anda yang berpikir kreatif tidak harus berpikir secara analitis.

Anda tinggal menyerahkan bagian tersebut pada ahlinya. Dengan begitu, Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah.

6. Terorganisir

Salah satu pengelolaan terbaik dalam waktu adalah organisir. Saat anda terorganisir,
anda tidak membiarkan waktu kosong dalam pekerjaan Anda. Buat sistem anda sendiri dan terapkan sesegera mungkin.

Anda akan menyadari besarnya perbedaan bagaimana laporan Anda sebaiknya dibandingkan menghabiskan 30 menit untuk mencari mengenai laporan tersebut.

7. Belajar menolak pekerjaan.

Terkadang, anda harus mengatakan tidak pada pekerjaan yang Anda terima. Terlalu banyak pekerjaan akan membuat Anda kewalahan. Orang yang sukses akan memilih dan memilah pekerjaannya, dan mengutamakan yang paling penting terlebih dahulu.

8. Mengetahui kapan harus istirahat

Pekerjaan yang Anda lakukan tidak akan pernah ada habisnya. Ketika Anda sudah merasa terlalu banyak melakukan pekerjaan dengan pengelolaan waktu di atas, saatnya Anda pulang dan beristirahat.

Setelah mengerjakan tugas penting yang menjadi prioritas Anda, berarti sudah saatnya bagi anda untuk rileks. (Shabrina Aulia Rahmah/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini