Sukses

3 Waktu Tepat Ajarkan Anak Soal Uang

Orang tua yang baik merupakan mereka yang mampu untuk mengajarkan anak mengenai banyak hal, termasuk soal keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Anak merupakan investasi masa depan. Orang tua yang baik merupakan mereka yang mampu untuk mengajarkan anak mengenai banyak hal, termasuk soal keuangan.

Sebenarnya, tidak ada waktu yang terlalu dini untuk mengajarkan bagaimana mengatur keuangan pada anak. Semakin dini Anda memberikan pengajaran, maka semakin baik pula hasil yang dapat dirasakan.

Berikut tips tentang waktu terbaik untuk mengajarkan Anak mengenai dunia keuangan melansir laman Parents.com, Selasa (15/3/2016):

Saat belanja

Buatlah daftar belanja bersama si kecil di rumah dan ajaklah ia berbelanja. Sambil memilih-milih belanjaan jelaskan kepadanya kenapa Anda memilih produk lokal. Utamakan berbelanja bahan-bahan yang menjadi kebutuhan sehari-hari baru kemudian si kecil boleh memilih produk yang ia inginkan.

Saat makan di luar

Bacalah menu restoran bersama si kecil. Bandingkan harga makanan dan minuman di menu. Setelah makan, perlihatkan tagihan restoran pada anak Anda, jelaskan soal pajak. Periksa lagi tagihan tersebut bersamanya, jelaskan padanya bahwa dengan begitu Anda tahu persis ke mana saja uang dibelanjakan.

Saat ambil uang di ATM

Jelaskan soal ‘mesin yang mengeluarkan uang’ alias ATM saat Anda menarik uang. Mesin tersebut tidak membuat uang dan memberikannya pada Anda. Sebelumnya Anda harus punya uang dan menyimpannya di bank dan mesin itu terhubung dengan bank tempat menabung. Jadi kalau Anda mengambil uang dari ATM, mesin sebenarnya mengambil dari tabungan Anda.(vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini