Sukses

Bertandang ke Indonesia, Putri Belgia Boyong 300 Pengusaha

Putri Belgia, Astrid, melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 12-19 Maret.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Belgia, Astrid, melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 12 hingga 19 Maret mendatang. Ia tidak datang sendiri, turut serta ratusan pebisnis dari negaranya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat ekonomi bilateral, terutama di bidang perdagangan dan investasi.

"Delegasi kerajaan Belgia datang ke Indonesia membawa lebih dari 300 pengusaha dari 127 perusahaan," kata Retno, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

"Indonesia menyambut baik kunjungan Putri Astrid bersama delegasi terbesar yang pernah dibawa, hampir 300 pebisnis," Retno menambahkan.

 

‎Pada 2015, angka perdagangan bilateral kedua negara mencapai US$ 1,67 miliar. Sementara, untuk angka investasi lebih dari US$ 7 juta.

Retno juga menyampaikan ‎terdapat 2 ribu perusahaan Belgia yang beroperasi di Indonesia. Dalam pertemuan tertutup, Presiden Jokowi juga memamerkan kemudahan investasi di Indonesia.

"Presiden menjelaskan mengenai paket deregulasi yang sudah dikeluarkan sampai 10 paket. Salah satunya dijelaskan daftar negatif investasi," imbuh dia.

‎Kepala BKPM Franky Sibarani menambahkan minggu depan ia bersama Dubes Belgia akan mengawal keinginan berinvestasi dari negara tersebut. Salah satu yang jadi perhatian Belgia adalah energi terbarukan menggunakan tenaga angin.

"Hal-hal berkaitan dengan koordinasi dengan kementerian lain, disepakati bahwa BKPM pintu masuk untuk jelaskan dan memaparkan seluruh program yang dibangun pemerintah Indonesia," tandas Franky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini