Sukses

Koperasi Punya Peran Penting Kembangkan Industri di Daerah

Kehadiran koperasi akan menumbuhkan industri skala mikro, kecil dan menengah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin meresmikan Koperasi Jasa Karya Nurani Rakyat di Plasa Pameran, Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan. Bersamaan dengan peresmian tersebut, digelar pula Pameran Produk Unggulan Industri Dalam Negeri.

Dalam sambutannya, Saleh menyatakan saat ini koperasi masih memiliki peran yang penting dalam mendorong pertumbuhan industri di dalam negeri.

Dengan kehadiran koperasi di tengah masyarakat diyakini akan menumbuhkan industri-industri skala mikro, kecil dan menengah.

"Pembangunan ekonomi melalui sektor koperasi dapat mempengaruhi sektor ekonomi lainnya. Salah satu diantaranya dapat menjadi lapangan usaha mandiri bagi jutaan orang yang berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat di dalamnya," ujar dia di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Saleh menjelaskan, ada berbagai macam fungsi dan manfaat dari keberadaan koperasi di tengah masyarakat. Pertama, koperasi dapat berperan dalam rangka mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat, khususnya para anggotanya.

Kedua, keberadaan koperasi mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosiasl di sekitarnya. Dan ketiga, keberadaan koperasi mampu memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional.

"Koperasi akan berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan manusia pada umumnya," kata dia.

Khusus untuk Koperasi Jasa Karya Nurani, Saleh mengatakan koperasi tersebut akan berperan membina pada perajin dan pengembang industri padat karya di setiap daerah. Sejauh ini, industri binaan koperasi tersebut ada di wilayah Cirebon dan Banten.

"Dengan adanya koperasi ini, diharapkan produk-produk yang dihasilkan akan semakin baik, dari segi kualitas, desain, serta kemasan. Sekaligus merangkul para calon wirausahawan daerah agar lebih kreatif," ujar dia. (Dny/Ahm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini