Sukses

Jurus Jitu Biar Bisa Terus Fokus Bekerja

Banyak orang yang sering merasa sulit untuk fokus saat menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa sulit untuk fokus saat menyelesaikan sebuah pekerjaan? Ya, Anda tidak sendiri. Faktanya banyak orang yang sering mengalami hal tersebut.

Banyaknya gangguan yang datang dari mana saja dapat dengan mudah membunuh konsentrasi Anda ketika bekerja. Pekerjaan yang seharusnya dapat selesai dalam beberapa jam saja pun baru bisa selesai dalam beberapa hari.

Lalu apa yang dapat Anda lakukan agar tetap bisa fokus melakukan pekerjaan? Seperti dilansir dari themuse.com, Rabu (16/3/2016), ada beberapa tips:

1. Kerja di lingkungan yang tidak banyak gangguan

Sulit memang untuk mendapatkan lingkungan yang mampu mengisolir diri Anda dari berbagai gangguan. Apalagi ketika kantor Anda memiliki lingkungan yang terbuka.

Satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mendengarkan musik ketika bekerja. Sehingga Anda tidak terganggu dengan suara yang dapat memecah konsentrasi bekerja.

2. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu teknik relaksasi dengan cara melepaskan semua beban pikiran, baik dari hal yang mencemaskan atau menyenangkan.

Aktivitas ini dilakukan dengan mengatur atau mengolah pernafasan, bisa dilakukan dengan cara duduk lalu menarik nafas dalam-dalam, tahan beberapa saat lalu melepaskan secara berlahan.

Stres berkepanjangan yang dapat timbul saat bekerja dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Melakukan meditasi bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress.

3. Olahraga

Selain dapat menjadikan tubuh menjadi lebih sehat, olahraga juga dapat membuat konsentrasi Anda optimal ketika bekerja.

Beberapa penelitian mengungkap bahwa berolahraga di pagi hari dapat membuat Anda lebih fokus ketika bekerja dan menyelesaikan sebuah tugas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat to do list

4. Buat daftar pekerjaan

Membuat daftar pekerjaan atau yang sering dikenal dengan nama to-do-list dapat membantu Anda untuk mengetahui hal apa saja yang harus diselesaikan.

Selain itu, to do list juga dapat membantu Anda mengetahui skala prioritas dari masing-masing pekerjaan.

5. Melatih daya ingat

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat. Ingatan kita layaknya organ tubuh yang lain yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik, sebagaimana juga atlet harus melatih tubuhnya untuk menghadapi masa-masa yang sulit.

Daya ingat memerlukan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya meningkat.

Anda dapat terus berlatih untuk mempertajam daya ingat dengan terus menerus belajar akan hal baru. Mulailah dengan topik yang Anda minati kemudian cari informasi sebanyak-banyaknya yang memiliki kaitan dengan topik tersebut.

3 dari 3 halaman

Buat rencana matang

6. Buat perencanaan matang

Setiap orang pasti memiliki tujuan khusus dalam hidupnya. Demi mencapai tujuan tersebut, Anda dapat memulainya dengan merencanakan langkah dengan matang.

Hal ini dapat dimulai dengan mentransformasi tujuan besar Anda ke dalam langkah yang lebih sederhana. Setelah itu Anda dapat memulai untuk menyusun strategi untuk sukses menggapai tujuan yang diinginkan.

7. Pintar membagi waktu

Jika Anda ingin fokus dan sukses melakukan sebuah pekerjaan maka Anda harus pintar mengatur waktu. Orang-orang sukses merupakan mereka yang mampu mengotimalkan waktu yang dimiliki.

Manajemen waktu yang baik dimulai dengan membuat perencanaan serta menentukan prioritas yang tepat dari setiap pekerjaan. Barulah setelah itu Anda dapat menjalankan rencana yang sudah dibuat. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.