Sukses

Peringati Earth Hour, Mal di Jakarta Matikan Sebagian Lampu

Perayaan Earth Hour akan diperingati dengan mematikan lampu selama 1 jam, yaitu pada pukul 21.30-22.30.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh dunia akan memperingat Earth Hour pada 19 Maret 2016. Di Indonesia, perayaan hari bumi ini akan diperingati dengan mematikan lampu selama 1 jam, yaitu pada pukul 21.30-22.30.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, sejumlah pusat belanja di ibukota pun ikut memperingat perayaan tersebut.

Rencananya, sejumlah mal akan mematikan sebagian lampu di dalam mal pada jam-jam yang telah ditentukan, terutama lampu yang berada di depan mal.

 

"Tiap tahun memang kita ikut. Itu hampir semua mal di Jakarta ikut Earth Hour, jadi kita matikan lampu. Itu untuk lampu yang di depan, itu semua dimatikan," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (19/3/2016).

Selain lampu di luar mal, beberapa lampu di dalam pusat belanja tersebut akan diredupkan. Ellen menjelaskan, lampu di dalam mal tidak bisa dimatikan karena operasional mal masih berjalan secara normal sehingga tidak dimatikan keseluruhan.

"Di dalam ada beberapa bagian yang diredupkan terutama di area umum, karena operasional tetap berjalan. Kalau dimatikan tidak memungkinkan. Tapi di depan dimatikan semua," kata dia.

Menurut Ellen, Earth Hour ini tidak akan memberikan pengaruh besar terhadap kunjungan masyarakat ke mal. Namun yang lebih penting, dengan adanya peringatan Earth Hour akan mengedukasi masyarakat agar lebih hemat energi

"Kita tujuannya memberikan sosialiasi dan edukasi. Pasti ada penghematan tetapi menghitungnya sulit. Ini Tidak mempengaruhi kunjungan, karena masyarakat sudah mengerti. Seperti di Bali hari raya Nyepi itu kan seharian penuh nggak pakai lampu. Ini kan hanya 1 jam, jadi tidak masalah," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.