Sukses

Pengembangan Bandara Domine Eduard Rampung, Ini Fasilitas Barunya

Pengembangan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, Papua Barat telah selesai.

Liputan6.com, Jakarta Pengembangan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, Papua Barat telah selesai. Berbagai fasilitas bandara yang canggih telah ditambahkan. Hasilnya, Bandara Domine Eduard Osok terlihat megah dan modern, tak kalah dengan bandara lainnya di kota-kota besar di Indonesia.

Pada bagian eksterior terminal penumpang, bentuk ornamen unik dibangun menyerupai buah pinang. Desain arsitektur Bandara Domine Eduard Osok (DEO) memang dirancang agar mencerminkan budaya daerah setempat.

Sementara bagian interior dilengkapi fasilitasnya sehingga menambah kenyamanan penumpang. Gedung terminal penumpang badnara ini juga diperluas hingga 13.700 m2, Bandara DEO dapat menampung 782 penumpang.

Berdasarkan rilis yang diterima dari Kementerian Perhubungan, Minggu (20/3/2016), pengembangan Bandara DEO dimulai pada tahun 2011 hingga tahun 2015 yang meliputi pembangunan gedung terminal penumpang menjadi 2 lantai, pemasangan garbarata dan fixed bridge, baggage handling system, lift terminal, x-ray bagasi dan kabin multi view, walkthrough metal detector,

Selain itu dilakukan juga penambahan fasilitas lainnya seperti: area konsesi, area kerbside dan pembaruan desain interior terminal. Dalam waktu lima tahun pembangunan (tahun 2011 sampai dengan 2015), total anggaran APBN yang digunakan yaitu sekitar Rp 236 miliar.

Sebagai bandara pengumpan, Bandara DEO Sorong melayani penerbangan berjadwal domestik yang dioperasikan oleh beberapa maskapai diantaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Ekspress.

Selain itu, Bandara DEO juga melayani Penerbangan perintis yang dioperasikan maskapai Susi air ke beberapa wilayah sekitar seperti Ayawasi, Inawatan, Teminabuan, dan Waisai. Dengan panjang 2.060 meter dan lebar 45 meter, runway bandara ini dapat didarati pesawat sejenis Boeing seri 737.

Pergerakan pesawat di salah satu bandara tersibuk dan terbesar di semenanjung kepala burung Papua ini mengalami rata-rata pertumbuhan 3,3 persen tiap tahunnya. Tercatat ada 9.000 lebih pergerakan pesawat per tahunnya.

Sementara dari sisi penumpang, rata-rata pertumbuhan penumpang pertahunnya mencapai 13,2 persen di mana pada tahun 2014 ada sekitar 500 ribu lebih penumpang. Untuk kargo, rata-rata pertumbuhan kargo pertahunnya cukup pesat sekitar 17,2 persen (tahun 2014 mencapai 3,06 jt barang per kilo kargo).

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengharapkan dengan adanya pengembangan Bandara DEO, pelayanan jasa transportasi udara di kota Sorong dan sekitarnya semakin meningkat. Sehingga Kawasan Timur Indonesia dapat terus berkembang maju.

"Hal ini sesuai dengan program Nawa Cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan; dan meningkatkan kualitas hidup manusia, serta meningkatkan produktivitas rakyat," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.