Sukses

Cara Atur Uang Kalau Mau Punya Anak Kembar

Berikut tips menghemat uang buat orangtua yang memiliki bayi kembar.

Liputan6.com, Jakarta - Buat Anda para calon orangtua, apa yang kalian bayangkan jika diberi anugerah bayi kembar?
Mungkin, saat pertama kali mendengarnya, kalian akan merasa sangat bersyukur dan bahagia. 

Meski demikian, perasaan cemas mengenai meningkatnya biaya kebutuhan hidup pasti akan membayangi kalian.

Sebuah penelitian dari Kementerian Agrikultur Amerika Serikat mengungkapkan, biaya rata-rata yang harus dikeluarkan orangtua dengan bayi kembar pada tahun pertama mencapai US$ 25.880 atau sekitar Rp 336 juta.

Di Indonesia, biaya untuk membesarkan anak hingga berusia setahun mencapai Rp 20 jutaan atau sekitar Rp 40 juta untuk bayi kembar. Tentunya bukan nilai yang kecil. Tapi jangan keburu panik dulu. Sebab, berita baiknya, ada sejumlah cara untuk menghemat uang saat membesarkan anak kembar.

Seperti diadaptasi dari wisebread, berikut kiat atur duit dengan menghemat uang buat orangtua yang memiliki bayi kembar seperti dikutip dari www.cekaja.com:

1. Jangan Beli Semuanya

Salah satu kesalahan orang tua yang memiliki anak kembar adalah membeli dua barang yang sama untuk seluruh kebutuhan anak kembarnya. Dalam kenyataannya, selain boros, Anda akan kesulitan di kemudian hari.

Sebab, barang-barang tersebut akan menumpuk dan membuat sesak rumah. Cukup beli satu barang berkualitas yang dapat digunakan keduanya seperti bathtub bayi dan mainan anak. Sebaiknya, mulailah buat daftar kebutuhan dari sekarang. Dengan begitu, Anda bisa mencoret barang yang tidak terlalu penting.
(Baca juga: Enam Cara Hasilkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bersusah Payah)

2. Jangan gengsi beli barang bekas

Memang, tidak semua perlengkapan bayi kembar bisa dibeli cukup satu. Untuk menghemat uang, jangan gengsi untuk mencari perlengkapan bayi bekas pakai. Justru perlengkapan bayi yang dijual bekas rata-rata masih berkualitas baik karena masa pakai yang hanya sebentar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Cari diskon untuk bayi kembar

Bayi kembar berarti pengeluaran ganda. Pernyataan ini tidak terlalu tepat karena beberapa produk bayi justru menawarkan diskon bagi bayi kembar. Salah satunya adalah stroller atau kereta bayi yang justru memberi diskon bagi bayi kembar.

Mengatur duit dengan manfaatkan promo beli satu gratis satu pada produk tertentu seperti popok dan tisu basah selain diskon.

4. Beli asuransi jiwa

Sekarang Anda adalah orang tua yang punya tanggung jawab. Belilah asuransi jiwa jika Anda tidak ingin menyesal di kemudian hari. Sebab, premi asuransi akan semakin mahal jika usia Anda semakin tua. Jadi lebih baik mengeluarkan uang lebih sekarang dibandingkan boros di kemudian hari.

5. Sisihkan untuk dana darurat

Tidak ada seorang pun yang dapat menebak jalan kehidupan. Kadang mulus, tapi tidak mustahil berubah menjadi sulit dilalui. Untuk itu, perencanaan dan antisipasi dalam segala sektor kehidupan mutlak diperlukan.

Dalam bidang keuangan, dana darurat adalah bagian dari perencanaan dan antisipasi tersebut. Jika Anda tidak memiliki dana daurat, banyak hal buruk yang bisa membuat keadaan semakin parah.
(Baca juga: Baca Tips Ini Jika Ingin Memulai Bisnis Online)

6. Mulailah buat tabungan anak

Salah satu kutipan Warren Buffet yang terkenal adalah "Orang bisa duduk di bawah teduhnya pohon lantaran ada orang lain yang menanamnya belasan tahun lalu".

Bayangkanlah bayi kembar Anda sebagai orang yang duduk di bawah pohon tersebut. Maka mulai dari sekarang, sebagai orang tua, kalian yang wajib menanam pohon tersebut. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini