Sukses

Harapan Menteri Rini Kepada Bos Baru Bank Mandiri

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, Kartiko Wirjoatmodjo memiliki visi jelas dan tahu perbankan.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum pemegang Saham (RUPS) PT Bank Mandiri Tbk telah memastikan Kartika Wirjoatmodjo sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Budi Gunadi Sadikin. Kartika sebelumnya menjabat‎ sebagai Direktur Finance dan Strategi‎ Bank Mandiri.

Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN) Rini Soemarno menuturkan, Tiko, panggilan akrab Kartiko merupakan sosok yang tepat dan memiliki pengalaman yang mumpuni di industri perbankan. Di Bank Mandiri, Tiko juga bukan orang baru.

"Beliau mempunyai visi yang jelas dan juga pengetahuan mengenai perbankan secara detail dengan pengalaman beliau di berbagai tempat termasuk juga menjadi anggota Dewan Komisioner LPS," kata Rini di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Rini berharap banyak kepada Tiko. Selain menjadikan Bank Mandiri sebagai perbankan yang mendominasi di dalam negeri, dirinya berharap Tiko bisa membawa bank Mandiri berjaya di kancah internasional, terutama di Asean.

Tak hanya itu, saat ini Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN pemilik aset terbesar di sektor perbankan. Rini meminta kepada Tiko juga bisa menjadikan perbankan dengan laba terbesar.

"‎Secara aset memang bank mandiri terbesar, tapi secara keuntungan, saat ini kalah dengan BRI. Jadi ke depan itu bagaimana meningkatkan efisiensi bank mandiri sendiri, tapi juga mengembangkan bank mandiri itu keluar‎," papar Rini. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.