Sukses

Suku Bunga AS Bakal Naik Tekan Harga Emas

The Federal Reserve diperkirakan menaikkan suku bunga pada Aprik sehingga berdampak negatif ke harga emas.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas turun pada perdagangan awal pekan ini di bawah level psikologis US$ 1.250. Bank sentral Amerika Serikat (AS)/the Federal Reserve kemungkinan naikkan suku bunga pada awal April memberikan tekanan terhadap harga emas.

Harga emas untuk pengiriman April turun 0,8 persen menjadi US$ 1.244 per ounce. Penurunan itu melanjutkan tekanan yang terjadi pada Jumat pekan lalu.

Harga emas turun 0,4 persen pada pekan lalu. Sementara itu, harga perak naik 0,2 persen menjadi US$ 15,847 per ounce.

Sentimen pernyataan pejabat the Fed picu harga emas tertekan. Presiden the Federal Reserve San Francisco John William mengatakan pihaknya akan mendukung kenaikan suku bunga pada April jika ekonomi AS terus membaik.

Presiden the Fed Atlanta Denis Lockhart juga mengindikasikan kalau ekonomi membaik dapat mendorong suatu tindakan dalam pertemuan the Fed yang dilakukan pada 26-27 April 2016.

Pada pekan lalu, the Federal Reserve mempertahankan suku bunga stabil dan mengisyaratkan kalau kenaikan suku bunga dilakukan bertahap.

Sejumlah pengamat menilai, the Fed akan menaikkan suku bunga pada Juni ketimbang April. Kenaikan suku bunga tersebut dapat menekan harga emas dan harga komoditas lainnya.

Sementara itu, indeks dolar AS akan cenderung naik. Indeks dolar AS terhadap enam mata uang utama naik 0,2 persen. Di sisi lain, ketidakpastian prospek pertumbuhan global dapat menaikkan permintaan emas.

"Masih adanya kekhawatiran terhadap pertumbuhan global dapat mendorong bank sentral terus meningkatkan investasi di emas sehingga dapat mendukung level harga emas di US$ 1.225," ujar Lukman Otunaga, Analis FXTM seperti dikutip dari Marketwatch, Selasa (22/3/2016).

Dia menambahkan, adanya harapan kenaikan suku bunga dapat memudar akan mendorong harga emas lebih tinggi ke level US$ 1.300. Kenaikan ini juga asal ditunjang jika dolar AS melemah.(Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini