Sukses

Wujudkan Monaco Asia, AP II Fasilitasi Penerbangan ke Silangit

Bandara Silangit memiliki kapasitas penumpang 65 ribu per tahun dengan luas 198 hektar.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan kesiapannya untuk melayani penerbangan langsung rute Bandara Soekarno Hatta Banten-Silangit, Sumatera Utara. Pada Selasa (22/3/2016) rute tersebut akan diterbangi perdana oleh maskapai Garuda Indonesia dengan jenis pesawat CRJ 1000.

Pembukaan rute ini diharapkan untuk mendorong pariwisata di kawasan Danau Toba yang ke depannya diharapkan menjadi Monaco Asia.

Public Relation Manager Angkasa Pura II Haerul Anwar mengatakan, sejumlah peningkatan fasilitas sudah dilakukan perseroan untuk pengembangan Bandara Silangit Sumatera Utara.

"‎Peningkatan fasilitas, perbaikan toilet sudah ada. Sudah cukup berbeda dengan sebelumnya," kata dia di Silangit, Sumatera Utara.

Bandara Silangit memiliki kapasitas penumpang 65 ribu per tahun. Bandara tersebut memiliki luas lahan 198 hektar. Landas pacu bandara (runway) sepanjang 2.250 meter dengan lebar 30 meter. Sementara luas terminal 650 meter persegi.

Dia mengatakan, rute tersebut akan diterbangi seminggu tiga kali pergi-pulang (PP). Adapun jadwal penerbangannya yakni Senin, Rabu dan Sabtu.

"‎Informasi awal seminggu 3 kali, Senin, Rabu sama Sabtu. Karena berangkat (hari ini) Selasa kemungkinan ada perubahan," ujar dia.

Dengan ada rute tersebut, pihaknya berharap supaya pemerintah daerah turut aktif mendorong pengembangan wisata di Danau Toba.

"Untuk merangsang penumpang lebih banyak tergantung pemerintah daerah setempat menyelenggarakan event nasional dan internasional,‎" ujar Haerul. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.