Sukses

Wapres JK Bakal Hadiri BFA di Tiongkok

Boao Forum for Asia (BFA) mempromosikan dan mempererat pertukaran ekonomi, koordinasi, dan kerja sama antara negara Asia.,

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) bertolak ke Hainan, Republik Rakyat Tiongkok, pada Selasa (22/3/2016) untuk menghadiri "Boao Forum for Asia Annual Conference" pada Kamis, 24 Maret 2016.

Boao Forum for Asia (BFA) adalah forum yang berdiri sejak 2001 dan ditujukan bagi negara-negara Asia dan negara berkembang lainnya guna membahas berbagai masalah ekonomi di kawasan atas dasar prinsip pembangunan bersama yang saling menguntungkan.

"BFA mempromosikan dan mempererat pertukaran ekonomi, koordinasi dan kerja sama antara negara-negara Asia dan dunia. Melalui jaringan politik, bisnis dan akademis, BFA diharapkan dapat menjadi forum kerja sama ekonomi yang terus berkembang bagi para anggotanya," ujar juru bicara Wapres Husain Abdullah, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa pekan ini.

BFA diinisiasi oleh mantan Presiden Filipina Fidel V. Ramos, mantan PM Australia Bob Hawke, dan mantan PM Jepang Morihiro Hosokawa, dan resmi diluncurkan oleh 28 negara di Kawasan Asia Pasifik pada Februari 2001 di Boao, Provinsi Hainan, RRT.

 

BFA Annual Conference menghadirkan lebih dari dua ribu peserta yang terdiri atas kepala negara/pemerintahan, CEO, ahli ekonomi, dan akademikus. Forum ini diklaim sebagai Davosnya Asia.

BFA akan kembali diselenggarakan pada 22-25 Maret 2016 di Boao, Hainan, dengan mengusung tema “Asia’s New Future: New Dynamics, New Visions” dan membahas berbagai topik, seperti reformasi keuangan dan ekonomi, perdagangan dan investasi, industri yang terkait keamanan regional, serta isu sosial budaya. Sementara isu-isu prioritas yang akan dibahas: G-20, AIIB, One Belt One Road Initiative, perubahan iklim, kewirausahaan, tata kelola finansial dan perekonomian global.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) direncanakan memberikan keynote speech pada sesi Opening Plenary Boao Forum for Asia 2016, 24 Maret 2016, pukul 10.00–12.00, bersama para pemimpin dunia lainnya.

Opening plenary BFA akan dibuka oleh Chairman BFA, Y.M. Yasuo Fukuda diikuti oleh keynote speech Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok, Y.M. Li Keqiang.

Selama kunjungan tiga hari di Negeri Tirai Bambu, Jusuf Kalla (JK) diagendakan bertemu dengan Perdana Menteri RRT, Wakil Perdana Menteri Rusia, Wakil Perdana Menteri Korea Selatan, serta pertemuan dengan sejumlah pengusaha Tiongkok. Pada kesempatan ini Wapres JK akan berbicara untuk membawa kepentingan Indonesia. (Silvanus A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • tiongkok