Sukses

Penerbangan ke Silangit Bakal Dongkrak Turis Asing ke Sumut

Penerbangan langsung ke bandara Silangit diharapkan mampu menarik satu juta turis asing ke Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah daerah Sumatera Utara berharap pembukaan akses transportasi membuat Sumatera Utara dikunjungi satu juta  turis asing pada 2019. Saat ini, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Sumatera Utara baru 250 ribu per tahun.

PT Angkasa Pura II sendiri telah resmi melayani penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta Banten-Silangit Sumatera Utara. Rute tersebut di‎terbangi oleh maskapai PT Garuda Indonesia Tbk. Pembukaan rute ini sendiri diharapkan dapat mewujudkan Danau Toba sebagai Monaco Asia.

Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengatakan, sektor ‎pariwisata merupakan sektor yang potensial. Dia berharap, sektor pariwisata mampu mendorong perekonomian Sumatera Utara.

"Provinsi Sumatera Utara untuk wisatawan mancanegara baru 250 ribu per tahun dengan infrastruktur tol, bandara dibangun kita harapkan tahun 2019 akan mencapai 1 juta wisatawan. Jadi kalau sampai 1 juta wisatawan mancanegara  banyak yang mendapatkan manfaat karena menurut catatan dari Kementerian Pariwisata 1 wisatawan menghabiskan US$ 1.000 atau Rp 13 juta," kata dia saat peresmian rute Bandara Soekarno Hatta-Silangit, di Sumatera Utara, Selasa (22/3/2016).
‎

Dia berharap dengan rute tersebut akan dilanjutkan kesepakatan antara pemerintah daerah untuk pengembangan wilayah Danau Toba. Dengan begitu, maskapai yang terbang ke sana akan semangat karena kursinya terus terisi.
‎

"PT Garuda Indonesia juga adalah perusahaan BUMN selain memberikan dukungan kepada kita  juga dimintakan pertanggungjawaban terhadap kegiatan penerbangan. Jangan sampai Garuda juga rugi," ujar dia.

Pihaknya juga menginginkan supaya badan otoritas ‎kawasan Danau Toba segera terbentuk. Itu ditujukan untuk mempercepat pembangunan di kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Tak berhenti di sana, Tengku juga ingin peran aktif masyarakat untuk menggandeng para wisatawan. "Masyarakat harus menerima ini, dengan menerima tamu, dengan keterbukaan senyum dengan membuat tamu-tamu kita berkesan," tutur dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini