Sukses

Sering Lelah Kerja di Depan Komputer? Ini Cara Siasatinya

Terlalu banyak menggunakan komputer dapat membuat mata Anda mengalami kelelahan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa ini, komputer layaknya gadget, sudah tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Banyak orang menjadikan komputer sebagai fasilitas utama saat bekerja dan melakukan kegiatan lainnya.

Namun tahukan Anda? terlalu banyak menggunakan komputer dapat membuat mata mengalami kelelahan. Jika terus dibiarkan, maka hal ini dapat mengancam kesehatan. Lalu apa yang dapat Anda lakukan?

Melansir Visionsource.com, Rabu (23/3/2016) berikut cara menyiasati kelelahan saat bekerja di depan komputer:

Berolahraga ringan

Untuk menghindari dari kram pada tangan, leher dan kaki, sebaiknya sesekali memutar leher dengan searah atau berlawanan dengan jarum jam. Selain itu, ikut merenggangkan jemari kaki dan tangan saat sudah agak lama di depan layar laptop maupun komputer.

Atur posisi tubuh

Saat berada di depan layar laptop maupun komputer, usahakan duduk dengan posisi yang benar yaitu jaga jarak mata dengan layar. Usahakan bahu tetap rileks dan posisi punggung yang tegak dan jangan membungkuk serta mengistirahatkan jemari tangan setelah sekian lama mengetik di depan komputer maupun laptop.

Sering kedipkan mata

Usahakan mengedipkan mata anda di depan layar komputer maupun laptop dengan intensitas yang sering. Ini berguna agar mata tidak perih karena kering dan juga menghindari dari berbagai bahaya penyakit mata yang mungkin timbul, dikarenakan terlalu sering berada berlama-lama di depan komputer maupun laptop.

Gunakan keyboard dan mouse eksternal

Jika Anda sering menggunakan laptop di rumah dengan durasi waktu lama, maka tidak ada salahnya menaruh laptop di meja yang didesain khusus untuk menyambungkan keyboard dan mouse eksternal di laptop Anda.

Batasi waktu penggunaan laptop

Biasakan untuk menggunakan laptop dengan jeda waktu. Akan lebih baik jika Anda mengistirahatkan tubuh selama 15 menit secara rutin setelah menggunakannya selama 45 menit.

(vna/nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini