Sukses

Pertamina Uji Coba Varian Baru Pertamax di Eropa

Pertamax Turbo sedang diuji coba sekitar pada mesin kendaraan sport, seperti Ferari, Lamborghini dan Porches, untuk membuktikan kualitasnya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan mengeluarkan Bahan Bakar Minyak (BBM) varian baru jenis Pertamax T‎urbo. Kini, bahan bakar dengan kadar Research Octane Nummber (RON) 98 tersebut sedang diuji cob‎a pasar di Eropa.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, Pertamax Turbo sedang diuji coba sekitar pada mesin kendaraan sport, seperti Ferari, Lamborghini dan Porches, untuk membuktikan kualitasnya.

"Kami punya Pertamax Turbo dipasarkan di Eropa, jadi racing kalau bagus kita pakai di Indonesia. Jadi Ferari, Lamborghini dan Porsche sudah pakai," kata Bambang, di Manado, Sulawesi Utara Minggu (27/3/2016).

‎Bambang mengungkapkan, uji coba tersebut dilakukan selama tiga bulan, jika sudah menunjukkan kualitas baik, akan di pasarkan pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di Indonesia tahun ini.


"Saya kirimnya pakai drum dulu baru tes pasar, kalau saya di sana (Eropa) bagus kira-kira tiga bulan kita launching di sini (Indonesia)," ungkap Bambang.

Dia melanjutkan, saat ini Pertamax Turbo diolah pada fasilitas pengolahan minyak (kilang) di Eropa. Namun jika sudah dipasarkan di Indonesia proses pengolahannya akan di pindah ke dalam negeri.

"Kita kerjasama dengan refinary (kilang) dekat situ. BBM gas online pesan RON gampang karena campuran sama naptha, tapi ditentukan di atas adiktifnya, butuh yang power-nya tinggi atau rendah jadi sifat adiktifnya bisa menekan suhu supaya tidak tinggi," tutup Bambang. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini