Sukses

Sedang Diuji di Eropa, Berapa Harga Pertamax Turbo?

Jika Pertamax Turbo sudah dipasarkan, Pertamina akan menghilangkan Pertamax Plus dengan kadar RON 95

Liputan6.com, Manado - PT Pertamina (Persero) sedang melakukan uji coba pasar varian baru Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax Turbo di Eropa. Rencananya, bahan bakar tersebut akan menggantikan Pertamax Plus 95.

Lantas, berapa harga Pertamax Turbo‎?

Direktur Pemasaran ‎Pertamina Ahmad Bambang mengaku harga BBM dengan kadar Research Octane Nummber (RON) 98 tersebut dibanderol di atas US$ 1 per liter untuk di kawasan Eropa.

"Kisaran harga belum bisa hitung, kalau di Eropa per liter di atas US$ 1, karena ada tax-nya tinggi," kata Bambang, di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (27/3/2016).

Bambang menambahkan, untuk di Indonesia, rencananya Pertamax Turbo akan dibanderol lebih murah, yaitu sekitar Rp 10 ribu per liter. Harga ini lebih murah dari Pertamax Racing berkadar RON 100 dengan harga Rp 50 ribu per liter.


"Pertamax Racing 50 ribuan nanti saya jual Pertamax Turbo Rp 10 ribu," ucap Bambang.

Menurut Bambang, jika Pertamax Turbo sudah dipasarkan, Pertamina akan menghilangkan Pertamax Plus dengan kadar RON 95. Pasalnya, perbedaan Pertamax 92 dengan 95 sangat tipis, sehingga Pertamina lebih memilih kadar RON yang lebih tinggi.

"Tapi gini, saya di sini punya Pertamax Plus dan Racing. Kalau Turbo mau ke sini Plusnya hilang, karena grade-nya mesin antara 92-95 mirip saja langsung 98," Bambang menjelaskan.

Saat ini Pertamina menjual Pertamax Turbo di Eropa menggunakan drum. Rencananya Pertamax Racing juga akan dijual kalengan, sedangan Pertamax Turbo akan dijual menggunakan dispenser dan disalurkan melalui kran (nozzel) lazimnya penjualan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

‎"Pertamax Racing enggak banyak, Racing saya masukan kaleng saja, kalau Turbo ada, Plus dihilangkan. Kalau Eropa saja bagus, kenapa di Indonesia enggak (dipasarkan)," kata Bambang.(Pew/Nrm)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini