Sukses

Bank Mandiri Pangkas Bunga Kredit Hingga 0,50%

Manajemen PT Bank Mandiri Tbk perkirakan bunga kredit akan berada di single digit pada semester II 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyatakan akan segera menurunkan suku bunga kredit sebanyak 25 basis poin-50 basis poin (Bps). Penurunan suku bunga ini merespons penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk Rohan Hafas mengatakan, dengan penurunan tersebut diharapkan dapat mendorong perekonomian nasional. Dia mengatakan, penurunan suku bunga kredit ini disesuaikan dengan sektor bisnis.

"Penurunan suku bunga kredit 25 hingga 50 basis poin akan memperhatikan sektor-sektor yang paling ideal untuk diturunkan segera. Mudah-mudahan, pada semester ke dua tahun ini, suku bunga kredit Bank Mandiri akan berada di single digit secara merata di semua segmen," ujar Rohan dalam keterangan pers, di Jakarta, Minggu (27/3/2016).

Pihaknya meyakini kinerja Bank Mandiri tidak akan terpengaruh oleh penerapan suku bunga rendah ini. Dia mengatakan, perseroan juga mendorong peningkatan sumber dana murah.

Tahun ini Bank Mandiri menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 13 triliun dengan bunga 9 persen. Alokasi tersebut meningkat dari tahun lalu yakni Rp 3,5 triliun.

Pihaknya berharap penurunan kredit ini dapat diikuti oleh bank lain karena dapat mendorong perekonomian.

"Kami berharap, langkah yang kami lakukan ini juga diikuti bank-bank lain di Indonesia, sehingga upaya kita bersama untuk mampu mendorong perekonomian Indonesia dapat tumbuh lebih baik dapat terwujud,” jelas dia.

Sebagai informasi, Bank Mandiri menyalurkan kredit sebesar Rp 595,5 triliun di tahun 2015 atau  tumbuh 12,4 persen dari tahun sebelumnya Rp 530 triliun. Sementara, Dana pihak ke tiga (DPK) perseroan mencapai Rp 676,4 triliun. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini