Sukses

Pertamina Siapkan Solar Varian Baru, Ini Kisaran Harganya

PT Pertamina (Persero) berencana meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) Solar varian baru dengan nama Dexlite.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berencana meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) Solar varian baru dengan nama Dexlite pada April mendatang. Solar Dexlite akan dipatok dengan harga di bawah Rp 7.000 per liter.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan,‎ peluncuran Dexlite akan memberikan pilihan baru kepada masyarakat BBM Solar dengan kualitas yang lebih baik jika dibandingkan Bio Solar. "Dexlite rencananya diluncurkan April. Untuk harga saya ingin tidak akan lebih dari Rp 7.000 per liter," kata Bambang, di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Solar Dexlite memiliki kandungan sulfur 1.000 sampai 1.200 dan set number 51 sehingga lebih baik ketimbang Solar biasa yang memiliki kandungan sulfur ‎3.500. Meski begitu,Dexlite tetap menggunakan campuran bio diesel sebanyak 20 persen sesuai dengan kebijakan pemerintah.

"Campur fame cuma saya tambah adiktif. Sata perbanyak campurannya supaya sulfur 1.000. Kalai di Solar biasa 3.500," terang Bambang.

Ia memperkirakan kehadiran‎ Dexlite akan disambut baik konsumen yang sebelumnya menggunakan Bio Solar Pertamina. Alasannya, dengan mengkonsumsi Dexlite maka tenaga mesin kendaraan akan lebih besar dan hasil gas buang lebih baik sehingga dapat mengurangi polusi udara.

"Ini bisa digunakan untuk alat berat yang membutuhkan power. Ini terobosan karena mampu mengubah industri. Di luar negeri Solar jenis ini dianggap lebih efisien karena bisa memiliki tenaga yang besar namun emisi rendah," tutup Bambang.

Sebelumnya, Pertamina juga telah mengeluarkan BBM jenis baru dengan nama Pertalite. BBM ini dengan kadar Research Octane Number (RON) 90. 

Spesifikasi BBM RON 90 yang ditetapkan Ditjen Migas memiliki kandungan sulfur maksimal 0,05 persen sedangkan Pertalite sangat rendah 0,018 persen. 

Selain di sisi kualitas spesifikasi, Pertalite memiliki keunggulan dari sisi harga. Pertalite dengan kadar RON 90 lebih tinggi dari Premium RON 88 tetapi harganya lebih rendah ketimbang Pertamax.  (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.