Sukses

Tips Cerdas Manfaatkan Kredit Laptop

Meski tawaran fasilitas kredit laptop semakin banyak, Anda harus tetap hati-hati ketika ingin memanfaatkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Komputerisasi dan digitalisasi menjadi ciri khas dari kehidupan manusia modern. Tak heran jika saat ini banyak ditemukan perangkat komputer dan digital untuk menunjang aktivitas dan produktivitas kerja.

Salah satunya adalah laptop. Untuk bisa memenuhi kebutuhan semua kalangan, kini laptop hadir dengan beragam spesifikasi dan harga yang semakin terjangkau.

Apalagi sekarang ini fasilitas kredit yang ditawarkan oleh lembaga perbankan ataupun pembiayaan telah menjamur. Harapan untuk bisa memiliki laptop idaman pun makin mudah untuk diwujudkan.

Tak bisa dipungkiri masyarakat memang memiliki lapisan ekonomi yang berbeda. Bagi mereka yang tergolong dalam ekonomi menengah ke bawah tentunya cukup sulit untuk memiliki laptop jika harus membeli secara tunai.

Meski di satu sisi butuh, tentu saja mereka akan lebih memprioritaskan kebutuhan lain yang lebih pokok. Fasilitas kredit dari bank ataupun lembaga pembiayaan dirasakan bagai angin surga oleh mereka yang ingin segera memiliki laptop tetapi terkendala masalah budget.

Untuk memiliki laptop yang diidamkan, mereka tak harus menunggu pundi-pundi uang terisi penuh. Sebaliknya, mereka bisa segera membawa pulang laptop dan memilikinya dengan sistem pembayaran angsuran setiap bulan hingga jangka waktu yang disepakati bersama.

Meski tawaran fasilitas kredit laptop semakin marak, namun Anda harus tetap berhati-hati ketika ingin memanfaatkannya.

Jangan mudah terpengaruh bujuk rayu marketing officer dari lembaga pembiayaan dan terbawa perasaan, tetaplah berpikir logis juga rasional. Pertimbangkan persyaratan juga beban bunga yang diberlakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Anda harus pandai memilah dan menyeleksi fasilitas kredit laptop yang ditawarkan, sehingga dapat memperoleh penawaran yang terbaik. Bagaimana caranya?

Berikut tips cerdas yang bisa Anda terapkan ketika ingin memanfaatkan kredit laptop murah, seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (28/3/2016):

1. Gunakan Kartu Kredit

Jika Anda pemegang kartu kredit, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk membeli laptop yang diinginkan.

Namun sebelumnya, pastikan merchant yang menjual laptop telah bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit, sehingga kartu kredit yang Anda miliki bisa digunakan.

Apabila merchant yang menjual laptop menerima kartu kredit yang dimiliki, Anda bisa langsung memilih laptop idaman tanpa mengalami banyak kendala. Akan semakin beruntung jika kartu kredit Anda sedang menawarkan promosi cicilan 0 persen.

Dengan begitu, Anda hanya perlu mengangsur harga pokoknya saja, tanpa dibebani dengan tambahan bunga.

Kredit laptop dengan kartu kredit umumnya memiliki jangka waktu angsuran minimal 3 bulan, maksimal 12 bulan. Meskipun kredit, pembelian laptop dengan kartu kredit akan terasa lebih ringan.

2. Survei Lembaga Pembiayaan

Selain kartu kredit, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas kredit yang ditawarkan oleh lembaga pembiayaan.

Tak seperti kartu kredit, proses pengajuan kredit di lembaga pembiayaan membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Selain itu, harus menyerahkan persyaratan berupa fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan juga slip gaji.

Berkenaan beban bunga, setiap lembaga pembiayaan memiliki kebijakan masing-masing. Oleh sebab itu, bunga yang diberlakukan oleh setiap lembaga pembiayaan bisa saja berbeda.

Untuk itulah, pentingnya Anda melakukan survei terlebih dulu sebelum menjatuhkan pilihan pada lembaga pembiayaan tertentu.

Dengan melakukan survei, Anda bisa membandingkan persyaratan yang lebih mudah dan beban bunga yang lebih ringan diantara lembaga-lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas kredit.

Nah, selanjutnya Anda bisa menentukan pilihan pada lembaga pembiayaan yang pastinya memberikan penawaran terbaik.  

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Jangan Ragu Minta Simulasi Cicilan

Untuk mengetahui jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, Anda tidak perlu ragu apalagi malu untuk meminta simulasi cicilan kepada customer service lembaga pembiayaan.

Jika dirasa masih terlalu tinggi dan memberatkan, Anda bisa mengajukan jangka waktu kredit yang lebih lama, sehingga jumlah cicilannya bisa lebih ringan.

4. Pilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Semakin canggih spesifikasi laptop, maka akan semakin mahal harganya. Berkenaan dengan hal ini, sebaiknya Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi padahal Anda hanya membutuhkan untuk pekerjaan office saja atau bahkan sekadar online agar bisa eksis di media sosial. Pilihlah laptop sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial Anda.

Cerdaslah Dalam Memilih Cicilah Kredit Laptop

Anda harus tetap cerdas dalam memanfaatkan fasilitas kredit untuk mendapatkan laptop idaman. Jangan sampai kemudahan fasilitas kredit justru menjadi bumerang bagi kesehatan finansial Anda dan menjerat Anda dalam belenggu utang yang merusak rencana di masa mendatang. (Ahm/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.