Sukses

Pelni Tambah Operasional Kapal untuk Tol Laut

Pelni telah mengoperasikan empat kapal sehingga akan mendukung kelancaran distribusi barang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelni (Persero) kembali menambah pengoperasian kapal kontainer demi mensukseskan realisasi program tol laut yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo sejak awal masa jabatannya.

Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT PELNI (Persero)‎ Akhmad Sujadi mengungkapkan,  PT  Pelni telah mengoperasikan KM. Nusantara Pelangi 101 pada Senin siang ini.

Pengoperasian kapal itu untuk menambah satu kapal tol laut dengan  menjalani rute penugasan trayek T-2, Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Dobo-Merauke PP (3.874  mile).
‎

"Kapal berkapasitas 350 teus itu akan berlayar secara rutin, terjadwal pada rute yang telah ditetapkan pemerintah pada rute T-2 yang akan dioperasikan mulai hari ini dari Tanjung Perak, Surabaya," kata dia, Senin (28/3/2016).

KM. Nusantara Pelangi 101  akan menempuh rute Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Merauke, dan mengangkut barang pokok berupa  beras, terigu, minyak goreng dan aneka kebutuhan sehari-hari.

 

Selain itu kapal juga mengangkut barang penting berupa semen, besi, keramik dan aneka barang untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di daerah tertinggal.

Dengan penambahan satu rute kapal tol laut ini, Pelni telah mengoperasikan empat kapal sehingga telah mendukung kelancaran distribusi barang.

Dampaknya akan membantu mengurangi  disparitas harga sekaligus membangkitkan perekonomian, khususnya   di beberapa daerah di rute kapal tol laut yang umumnya merupakan daerah tertinggal dan terpencil.

Dengan pengoperasian tambahan satu kapal tol laut, Pelni telah menjalani 4 rute  atau trayek dari 6 rute yang ditetapkan pemerintah.

"Kami  mengoperasikan tambahan  satu kapal, Insya Allah bulan depan akan kami operasikan  2 kapal lagi, sehingga 6 rute trayek tol laut dapat dioperasikan semua," ujar dia.

Keenam rute kapal tol laut yang ditetapkan pemerintah tahun 2016, meliputi trayek T-1. Tanjung Perak-Wanci (Wakatobi)-Namlea-Fakfak PP. (3426 mile) dilayani KM. Caraka Jaya Niaga 3-32.

Trayek T-2 Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Dobo-Merauke PP (3.874 mile) dengan KM. Nusantara Pelangi 101. Trayek T-3 Tanjung Perak-Larantuka-Lewoleba-Rote-Sabu-Waingapu PP (2.076 mile) KM. Caraka Niaga Jaya 3-34.

Trayek T-4 Tanjung Priok- Makasar-Manokwari-Wasior-Nabire-Serui-Biak PP.  (4.644 mile-April 2016) Trayek T-5  Makasar-Tahuna-Lirung-Morotai-Tobelo-Ternate-Babang-Ternate PP (2.608 mile-April-2016) dan Trayek T-6 Tanjung Priok-Tarempa-Natuna PP (1.400 mile) Km. Caraka Jaya Niaga 3-4.  (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.