Sukses

Pemerintah Buka Peluang Timbun Minyak di Luar Negeri

Pemerintah berencana menimbun minyak pada tempat penampungan yang berada luar negeri‎.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menimbun minyak pada tempat penampungan yang berada luar negeri‎. Hal tersebut untuk mengatasi keterbatasan tangki penyimpanan di dalam negeri.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, saat harga murah, pemerintah berencana memborong ‎minyak untuk dijadikan cadangan yang akan meningkatkan ketahanan energi.

"Kita harus memupuk cadangan, dan kalau belinya sekarang, kalau punya uang nih sekarang," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (28/3/2016).

 

Dikatakan Sudirman, tangki untuk menyimpan minyak tersebut yang berada di dalam negeri ‎tidak cukup. Karena itu pemerintah juga berencana menggunakan tangki di luar negeri untuk menyimpan minyak yang sudah dibeli itu.

Menurut Sudirman, tangki penyimpanan minyak tersebut adalah milik negara yang minyaknya dibeli oleh Indonesia. Sistem tersebut telah digunakan oleh negara lain.

"Kita tidak punya cukup sarana penyimpanan, jadi jalan keluarnya waktu kita beli sementara kita titipkan di penjual, sama seperti pembeli yang lain," ungkap Sudirman.

‎Sudirman mengungkapkan, saat ini pemerintah sedang melakukan diskusi untuk merealisasikan rencana tersebut.

‎"Tergantung diskusinya,‎ Itu masih jauh, jadi tidak usah dipikirin, bagaimana kita mau beli, jadi tidak usah," tutup Sudirman. (Pew/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini