Sukses

4 Cara Ampuh Menabung Dana Pensiun di Usia 40 Tahun

Banyak orang di usia 40 tahun merasa bingung karena belum siap akan dana yang harus dipersiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menginjak usia empat puluh tahun orang akan mulai memikirkan bagaimana cara yang tepat untuk mempersiapkan masa pensiunnya. Sebagian besar dari mereka terkadang merasa bingung karena belum siap akan dana yang harus dipersiapkan.

Walaupun masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, mempersiapkan dana pensiun merupakan satu hal yang harus tetap dilakukan.

Melansir Kiplinger, Selasa (29/3/2016), berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun di usia 40 tahun:

Dahulukan investasi

Di tengah kebutuhan yang begitu banyak, menabung untuk dana pensiun merupakan satu hal yang harus Anda lakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan dana pensiun yang Anda dapat dari tempat kerja. Setelah itu, tentukan sendiri besaran investasi yang harus Anda keluarkan untuk dana pensiun nanti.

Memanfaatkan tunjangan perusahaan

Tunjangan perusahaan dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan Anda. Agar mampu memaksimalkan fasilitas ini, mulailah dengan bertanya fasilitas apa yang bisa Anda dapat ketika nanti pensiun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bayar utang

Satu hal yang dapat Anda lakukan agar dapat memaksimalkan tabungan pensiun adalah dengan melunasi utang yang Anda miliki. Dengan begini, kondisi keuangan Anda pun akan jauh lebih stabil.

Mempercepat pembayaran rumah

Beban cicilan KPR dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok. Caranya ialah menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini