Sukses

Harga Baru BBM Bakal Bertahan Hingga 6 Bulan

Menteri ESDM, Sudirman Said menuturkan harga BBM bertahan hingga enam bulan agar masyarakat dapat susun rencana dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri ESDM Sudirman Said‎ telah mengumumkan harga baru BBM untuk jenis Premium dan Solar. Masing-masing turun Rp 500, dengan rincian Premium menjadi Rp 6.450 per liter dan Solar menjadi Rp 5.150 per liter.

Sudirman menjelaskan harga baru ini ditetapkan sudah mempertimbangkan berbagai‎ kondisi ekonomi selama tiga bulan ke depan termasuk perayaan Lebaran yang akan jatuh pada Juni-Juli.
‎

"Karena itu mudah-mudahan sampai enam bulan ke depan harga ini bisa kita pertahankan, sehingga masyarakat bisa menyusun rencana dengan baik dan juga tidak terganggu naik turunnya harga BBM yang telalu berfluktuasi," kata Sudirman Said di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Harga baru BBM ini akan berlaku mulai 1 April 2016 pukul 00.00 WIB. Ia menuturkan, harga BBM menjadi salah satu instrumen dasar untuk menentukan daya beli masyarakat‎. Jadi secara langsung akan mempengaruhi angka inflasi setiap bulan.

 

Sementara di kesempatan terpisah‎ Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menegaskan, pihaknya siap menjaga harga BBM hingga beberapa waktu ke depan.
‎

"Pertamina siap mempertahankan harga ini sampai dengan September agar tidak ada gejolak yang berarti dalam kurun waktu enam bulan ini," kata Dwi.

Dwi menambahkan selama satu bulan ini pihaknya mengaku telah menurunkan dua kali harga BBM seiring dengan menurunnya harga minyak dunia. Sayangnya Dwi enggan mengungkapkan berapa selisih harga jual Premium dan Solar yang baru tersebut dengan harga pasar sebenarnya.(Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini