Sukses

Pengusaha Lontong Lebih Aman Pakai Gas PGN

Produsen lontong Aris Siswanto menuturkan penggunaan gas bumi relatif bersih dan tidak keluarkan bau.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen lontong di Kampung Lontong, Surabaya Jawa Timur merasa aman menjalankan usahanya, setelah menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar yang dipasok PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

Seorang produsen lontong Aris Siswanto mengatakan, sejak dua tahun menggunakan gas yang disalurkan melalui pipa PGN tidak mengalami kendala kebocoran yang mengakibatkan kebakaran seperti gas‎ tabung.

"Lebih aman, selama dua tahun berjalan. Dari teman-teman belum ada kebakaran," kata Aris, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Aris mengaku khawatir ketika ia masih menggunakan gas tabung. Lantaran rentan terjadi kebocoran pada mulut tabung yang dihubungkan regulator ke kompor karena sil karet mudah rusak, kebocoran bisa terjadi saat proses memasak sedang berlangsung.

"Kalau 3 Kg, kendalanya di karet biasanya kalau dipakai ada kebocoran, jadi sering api keluar dari situ," tutur Aris.

Aris pun merasa aman menggunakan gas bumi meski 10 jam digunakan untuk memasak lontong, tidak ada kebocoran seperti gas tabung.‎ "Kita pakai jangka waktunya lama minimal 10 jam amanlah," ujar Aris.

Selain aman, gas bumi juga lebih bersih dan tidak mengeluarkan bau, meski begitu kua‎litasnya tetap sama dengan gas tabung sehinga lontong matang dengan sempurna.

"Lebih bersih baunya tidak menyengat. Di kompornya beda, untuk kompor tekanan apinya sama, jadi matang sama saja kualitasnya sama saja," tutur Aris. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi