Sukses

Kemenhub Rampungkan Pembangunan Pelabuhan Wasior

Pelabuhan Wasior dapat disandari kapal hingga 3.500 DWT dengan faceline dermaga -10 mLWS.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mendukung konektivitas dengan moda transportasi laut dan menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Papua Barat, Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan fasilitas Pelabuhan Wasior,  Teluk Wondama, Papua Barat.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian Perhubungan JA Barata mengungkapkan, pengembangan pelabuhan tersebut dijalankan secara multiyears dari dana APBN Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2005 sampai dengan 2015. Nilai investasi dari proyek tersebut mencapai Rp 79 miliar.

"Rencananya pelabuhan tersebut akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan besok Senin," kata Barat, Sabtu (2/4/2016).

Pelabuhan Wasior merupakan pelabuhan pengumpul dalam hierarki pelabuhan laut. Pembangunan fasilitas di pelabuhan Wasior meliputi dermaga seluas 174x10 meter persegi, Trestle I seluas 48x8 meter persegi, Trestle II seluas 47x8  meter persegi, Causeway I seluas 160x6  meter persegi, Causeway II seluas 127x8 meter persegi dan reklamasi 12.500 meter persegi.

Pelabuhan Wasior dapat disandari kapal hingga 3.500 DWT dengan faceline dermaga -10 mLWS. Selain itu terdapat pembangunan fasilitas darat seperti kantor, terminal penumpang, pos jaga, rumah pompa, genset, gudang seluas 15x40 meter persegi, dan lapangan penumpukan seluas 10.000 meter persegi.

Pembangunan pelabuhan Wasior bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana transportasi masyarakat Kabupaten Teluk Wondana, Papua Barat dalam menumbuhkan perekonomian dan menekan disparitas harga antar daerah.

"Pelabuhan Wasior diharapkan mendorong pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menyediakan sarana angkutan laut yang memudahkan angkutan penumpang dan barang," tambah Barata.

Selain itu, pembangunan pelabuhan Wasior bermanfaat meningkatkan konektivitas sebagai upaya mempersatukan Indonesia yang beraneka ragam, suku, budaya, dan bahasa. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini