Sukses

Konsumsi Pertamax dan Pertalite Meningkat

Konsumsi Pertamax sempat naik menjadi 9.000 kilo liter per hari saat menjelang penurunan harga Premium.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi Pertamax meningkat karena perbedaan harga yang tipis dengan Premium saat menjelang perubahan harga Premium pada 1 April 2016.

Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Afandi mengatakan, konsumsi Pertamax sempat meningkat menjadi 9 ribu Kilo liter (Kl) per hari dari sebelumnya 6 ribu Kl per hari. Hal itu terjadi saat menjelang penurunan harga Premium karena harga Pertamax turun dua hari lebih awal.
‎

"Akhir Maret, Pertamax karena turun lebih awal sempet naik 9 ribu Kl dari 6 ribu,  karena selisihnya kecil dengan Premium, kata Afandi, di Jakarta, Senin (4/4/2016).

Afandi melanjutkan, setelah harga Premium menurun, konsumsi Pertamax menjadi 8 ribu Kl per hari. Sedangkan Pertalite meningkat dari 4 ribu Kl menjadi 8 ribu Kl per hari yang juga disebabkan oleh perbedaan harga yang tipis dengan Premium.

 

"Setelah penurunan harga Premium turun tapi sekarang 8 ribu Kl per hari," ungkap Afandi.
‎

Sedangkan solar, mengalami penurunan konsumsi mencapai 40 persen saat menjelang penurunan harga awal April lalu dari konsumsi normal 30 ribu Kl per hari.

Hal tersebut disebabkan konsumen yang menunda pembelian solar hingga penurunan harga diberlakukan. Setelah penurunan harga diberlakukan, konsumsi solar kembali meningkat.

"Solar sama, itu terjadi penurunan akhir Maret karena orang menunda pembelian turunya hampir 40 persen," tutur Afandi. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.